EFEKTIVITAS PELAKSANAAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERPUSAT (FOCUS GROUP DISCUSSION) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS MURID KELAS V SDN SUDIRMAN II KOTA MAKASSAR

Aswat, Hijrawatil (2016) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERPUSAT (FOCUS GROUP DISCUSSION) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS MURID KELAS V SDN SUDIRMAN II KOTA MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL TESIS (HIJRAWATIL ASWAT, 14B14.docx

Download (45kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri Sudirman II Kota Makassar masih kurang variatif. Pembelajaran yang terlaksana di sekolah dasar, khususnya pada proses pembelajaran IPS pada proses transfer terjadi guru hanya terpusat pada buku dan tidak menggunakan berbagai metode dalam pembelajaran, murid hanya berperan sebagai pendengar dan pencatat, guru kurang memberi kesempatan kepada murid untuk mengemukakan pendapatnya, sehingga didalam proses pembelajaran murid hanya terkesan diam dan tidak berperan aktif didalam kegiatan belajar mengajar, hal ini menyebabkan kurangnya motivasi murid dalam belajar. Sehingga metode FGD menjadi alternatif untuk memotivasi murid dalam belajar khususnya pada pembelajaran IPS.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (true-eksperiment design).Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas Va dan Vb SDNegeri Sudirman II Kota Makassar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 61 murid. Jumlah sampel penelitian 24 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 12 orang perempuan, yang kemudian dibagi dalam 2 kelompok kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelompok ekperimen sebanyak 12 muriddan kelompok kontrol sebanyak 12murid yang diperolehberdasarkan hasil matching group.Variabel independen penelitian yaitu pelaksanaan metode FGD dalam pembelajaran IPS dan variabel dependen yaitu motivasi belajara murid. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta angket motivasi belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yakni uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(i) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metodediskusi kelompok terpusat (Focus Group Discussion) mengalami peningkatan di setiap pertemuanbaik dari segi keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas belajar murid maupun motivasi belajar murid. (ii) Terdapat perbedaan motivasi belajar IPSmurid antara sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan metodediskusi kelompok terpusat (Focus Group Discussion) pada muridKelas VSDNegeri Sudirman II Kota Makassar, (iii) Penggunaan metode diskusi kelompok terpusat (Focus Group Discussion) efektif dalammeningkatkan motivasi belajar IPS murid kelas V SD Negeri Sudirman II Kota Makassar. Kata kunci: Motivasi belajar, metode pembelajaran FGD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2017 06:42
Last Modified: 06 Sep 2017 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2803

Actions (login required)

View Item View Item