Penerapan Pembelajaran Berbasis Job Sheet untuk Meningkatkan Keterampilan Memfrais CNC (CNC Milling Skill) Siswa Kelas VII SMK Negeri 5 Makassar

Rusli, Ismail and Irfan, Andi Muhammad and Andi Muadz, Palerangi (2022) Penerapan Pembelajaran Berbasis Job Sheet untuk Meningkatkan Keterampilan Memfrais CNC (CNC Milling Skill) Siswa Kelas VII SMK Negeri 5 Makassar. Journal of Vocational Instruction, 1 (2). pp. 24-31. ISSN e-ISSN: 2829-0658, p-ISSN: 2829- 3282

[img] Text
09_39594-98786-1-PB (3).pdf

Download (247kB)
[img] Text
09_Peer Review Jurnal Nasional-Penerapan Pembelajaran Berbasis Job.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/jovi/index

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Researsch) yang bertujuan untuk Mengetahui Apakah Penerapan Pembelajaran Berbasis Job Sheet Dapat Meningkatkan Keterampilan Memfrais CNC (CNC Milling Skill) Siswa Kelas XII SMK Negeri 5 Makassar. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Makassar tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 24 peserta didik. Siklus satu dilaksanakan 4 kali pertemuan dilanjutkan pada siklus II dilaksanakan 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes praktik sesuai dengan job sheet yang diberikan sebelumnya pada setiap siklus dan observasi langsung pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian ini mengindikasikan adanya peningkatan keterampilan peserta didik secara kuantitatif, peningkatan ini terlihat pada skor rata–rata hasil praktik peserta didik pada siklus I adalah 73.91 dan kemudian meningkat menjadi 85.29 pada siklus II, Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran berbasis job sheet dapat meningkatkan keterampilan memfrais CNC (CNC milling skill) siswa kelas XII SMK Negeri 5 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 26 Apr 2023 14:20
Last Modified: 26 Apr 2023 14:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28025

Actions (login required)

View Item View Item