Analisis Dampak Pembelajaran Daring Online Terhadap Pendidikan Karakter Karakter Siswa Prodi Keahlian Pemesinan di SMK Negeri 5 Makassar

Fiskia Rera, Baharuddin and Rusli, Ismail and Siklon, Siklon (2022) Analisis Dampak Pembelajaran Daring Online Terhadap Pendidikan Karakter Karakter Siswa Prodi Keahlian Pemesinan di SMK Negeri 5 Makassar. Journal of Vocational Instruction, 1 (2). pp. 15-22. ISSN e-ISSN: 2829-0658, p-ISSN: 2829- 3282

[img] Text
08_Peer Review Jurnal Nasional-Analisis Dampak Pembelajaran Online.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08_39592-98785-1-PB.pdf

Download (297kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/jovi/index

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak pembelajaran online terhadap pendidikan karakter siswa program studi pemesinan di SMK Negeri 5 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran online dan variabel terikatnya adalah pendidikan karakter siswa. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 139 siswa yakni seluruh siswa program studi pemesinan di SMK Negeri 5 Makassar dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 siswa dipilih menggunakan teknik sampling sistematis. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil sebaran kuesioner dan observasi langsung. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Peneliti menggunakan bantuan program SPSS 25.0 dalam analisis data dengan taraf signifikan 5% untuk melihat besarnya dampak yang diberikan oleh variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa dampak pembelajaran online terhadap pendidikan karakter siswa program studi pemesinan di SMK Negeri 5 Makassar sebesar 13%.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 26 Apr 2023 14:16
Last Modified: 26 Apr 2023 14:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28024

Actions (login required)

View Item View Item