Improving Learning Outcomes of Small Ball Games (Kasti) Through Audio Visual Media (LCD)

Badaru, Benny (2020) Improving Learning Outcomes of Small Ball Games (Kasti) Through Audio Visual Media (LCD). Proceeding of The International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT), 5 (1). pp. 917-932. ISSN 978-623-7496-62-5

[img] Text (dokumen)
artikel.pdf

Download (853kB)
[img] Text (turniting)
Improving Learning Outcomes of Small Ball Games (Kasti).pdf

Download (873kB)
[img] Text (korespondensi artikel)
bukti korespendensi artikel proceding.pdf

Download (72kB)
[img] Text (peer reviewer)
improving learning out outcomes.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/icsat/article/view/17866

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan Video Pembelajaran atau media audio visual (LCD) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar permainan bola kecil pada siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan proses/aktivitas pembelajaran permainan kecil (kasti) melalui penggunaan media audio visual (video pembelajaran dan LCD) pada siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Makassar. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah murid kelas VII SMP Negeri 24 Makassar. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam permainan kasti adalah melaksanakan pembelajaran pada tahap inti melalui 3 tahap antara lain tahap persiapan tahap pelaksanaan/penyajian dan tahap tindak lanjut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi guru dan siswa, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi pada tahap refleksi, hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan media video pembelajaran atau audio visual efektif meningkatkan proses/aktivitas dan hasil pembelajaran permainan kasti disetiap siklus tindakan. Kata Kunci: Hasil Belajar,Permainan Bola Kecil, Media Audio Visual. PENDAHULUAN Usaha guru dalam membuat pembelajaran menjadi menarik, dapat melalui penggunaan media ataupun alat peraga dalam pembelajaran yang disajikan. Dengan menggunakan media ataupun alat peraga, diharapkan murid dapat mendapat pelajaran dengan mengalami atau melakukan sendiri. Aspek pengalaman yang melibatkan keterampilan motorik murid, merupakan salah satu bagian penting dalam proses belajar mengajar. Thomas dalam Ramlan, (2003: 6) mengemukakan bahwa: Ada tiga tingkat pengalaman belajar antara lain: 1) pengalaman melalui benda sebenarnya, yaitu pengalaman diperoleh dengan jalan mengalami secara langsung dalam kondisi sesungguhnya; 2) pengalaman melalui benda-benda pengganti dalam hal ini adalah alat peraga; dan 3) pengalaman melalui bahasa, yaitu melalui membaca bahan cetakan (buku, majalah, surat kabar, dan lain-lain)’. Proses pembelajaran di sekolah harus dirancang dan ditata sedemikian rupa sehingga kondusif bagi terjadinya proses belajar yang menarik dan bermakna bagi murid, yaitu proses yang dapat membantu murid mengalami perubahan dan kemajuan ke arah penguasaan kompetensi yang dikuasai setelah menyelesaikan suatu tahapan belajar. Dalam usaha meningkatkan hasil belajar murid di Sekolah menengah pertama, peranan guru tidak hanya tenaga pengajar saja atau sekedar sebagai pendidik dan pelatih

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Dr Benny Badaru
Date Deposited: 02 May 2023 04:32
Last Modified: 02 May 2023 04:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27988

Actions (login required)

View Item View Item