PENGARUH LATIHAN INTERVAL 1:1 DAN 1:3 TERHADAP PENINGKATAN DAYATAHAN KARDIOVARKULER DAN KAPASISTAS VITAL PARU PADA ATLET HOCKEY SULAWESI SELATAN TAHAP PERSIAPAN UMUM PON XX PAPUA

SYAHRUDDIN, SYAHRUDDIN and Saleh, M. Sahib and Saleh, Muhammad Syahrul and RAHMAN, ABDUL (2020) PENGARUH LATIHAN INTERVAL 1:1 DAN 1:3 TERHADAP PENINGKATAN DAYATAHAN KARDIOVARKULER DAN KAPASISTAS VITAL PARU PADA ATLET HOCKEY SULAWESI SELATAN TAHAP PERSIAPAN UMUM PON XX PAPUA. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M), Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

[img] Text
2020 PNBP FIK - HALAMAN SAMPUL DAN PENGESASAHAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
2020 PNBP FIK - BAB 1 - PENDAHULUAN - ok.pdf

Download (77kB)
[img] Text
2020 PNBP FIK - BAB 2 - KAJIAN TEORI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
2020 PNBP FIK - BAB 3 - METODE PENELITIAN.pdf

Download (487kB)
[img] Text
2020 PNBP FIK - BAB 5 - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (45kB)

Abstract

Dayatahan kardiovaskuler dan kapasitas vital paru adalah faktor yang sangat mempegaruhi prestasi seorang atlet terutama olahraga dengan sistem energi aerobik seperti permainan hockey. Karena itu, dayatahan kardiovaskuler dan kapasitas vital perlu ditingkatkan oleh para pelatih karena dengan kinerja tubuh yang sangat baik akan memberikan prestasi yang optimal. Untuk meningkatkan dayatahan kardio vaskuler dan kapasitas vital paru dapat diberikan latihan interval, baik interval 1:1 dan 1:3. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan latihan interval 1:1 dan 1:3 terhadap dayatahan kardio vaskuler dan kapasitas vital paru. Jenis penelitian ini adalah true experiment dengan variabel perlakuan adalah latihan interval 1:1 dan 1:3 sedangkan variabel respons adalah dayatahan kardiovaskuler dan kapasitas vital paru-paru. Sampel penelitian adalah atlet hockey Sulsel yang akan menghadapi PON XX Papua. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan dayatahan kardiovaskuler menggunakan bleep tes sedangkan pengukuran kapasitas vital paru-paru menggunakan spirometer. Setelah data pre dan posttest terkumpul, data dianalisis menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikansi 95% dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan latihan interval 1:1 terhadap daya tahan kardiovaskuler. 2) Ada pengaruh yang signifikan latihan interval 1:3 terhadap daya tahan kardiovaskuler, 3) Ada pengaruh yang signifikan latihan interval 1:1 terhadap kapasitas vital paru-paru, 4) Ada pengaruh yang signifikan latihan interval 1:3 terhadap kapasitas vital paru-paru, 5) Latihan interval 1:3 lebih baik meningkatkan daya tahan kardiovaskuler daripada latihan 1:1 dan 6) Latihan interval 1:3 lebih baik meningkatkan kapasitas vital paru-paru daripada latihan 1:1.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: fik unm makassr
Date Deposited: 03 May 2023 06:36
Last Modified: 03 May 2023 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27986

Actions (login required)

View Item View Item