ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SDN SUNGGUMINASA II KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Mardhatillah Sabillah, Bellona (2016) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SDN SUNGGUMINASA II KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Bellona Mardhatillah Sabillah.docx

Download (36kB)

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru yang masih kurang dalam aspek perencanaan pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana gambaran kompetensi pedagogik guru yang dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran guru SDN Sungguminasa II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa? 2) Bagaimana gambaran kompetensi pedagogik guru yang dilihat dari aspek pelaksanaan pembelajaran guru SDN Sungguminasa II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, 3) Bagaimana gambaran kompetensi pedagogik guru yang dilihat dari aspek evaluasi pembelajaran guru SDN Sungguminasa II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran kompetensi pedagogik guru yang dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran guru SDN Sungguminasa II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, 2) mengetahui gambaran kompetensi pedagogik guru yang dilihat dari aspek pelaksanaan pembelajaran guru SDN Sungguminasa II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, 3) mengetahui gambaran kompetensi pedagogik guru yang dilihat dari aspek evaluasi pembelajaran guru SDN Sungguminasa II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di SDN Sungguminasa II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi dengan menggunakan analisis fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan: guru SDN Sungguminasa II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa memiliki kompetensi pedagogik yang sesuai dengan aspek kompetensinya. Dalam perencanaan pembelajaran, guru memiliki pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, kemampuan dalam mengembangkan kurikulum atau silabus, serta kemampuan merancang pembelajaran. Dalam pelaksanaan, guru mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis serta mampu menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Dalam hal evaluasi pembelajaran, guru melakukan evaluasi dan tindak lanjut serta pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2017 06:18
Last Modified: 06 Sep 2017 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2797

Actions (login required)

View Item View Item