Hubungan Antara Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Fabrikasi Logam Pada Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 5 Makassar

Asma, Adam and Djuanda, Djuanda and Samnur, Samnur and Rizky, Zulfikar (2022) Hubungan Antara Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Fabrikasi Logam Pada Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 5 Makassar. Jurnal of Vocational Instruction, 1 (1). pp. 1-9. ISSN 2829-3282; 2829-0658

[img] Text (Artikel)
18_Jurnal Nasional-Hubungan antara Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Fabrikasi Logam.pdf

Download (878kB)
[img] Text (Peer Review)
18_Peer Review Jurnal Nasional-Hubungan antara Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Fabrikasi Logam.pdf

Download (931kB)
[img] Text (Turnitin)
18_Turnitin Jurnal Nasional-Hubungan antara Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Fabrikasi Logam.pdf

Download (293kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/jovi/article/vie w/32083/148...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknik Fabrikasi Logam pada siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel yang diambil adalah 34 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial mencakup uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan uji normalitas sebesar 0,956 > 0,05 dari taraf kesalahan sehingga nilai residual berdistribusi normal. Hasil uji linearitas sebesar 0,673 > 0,05 dari taraf kesalahan sehingga variabel bebas memiliki hubungan yang linear dengan variabel terikat. Hasil uji hopotesis pada analisis regresi sederhana menunjukkan tingkat hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran teknik fabrikasi logam sebesar 70,1% atau 70% dengan kategori kuat. Kemudian pada uji-t diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,00 < 0,05 dari taraf kesalahan yang berarti H0 tidak terjadi atau ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 24 Apr 2023 07:24
Last Modified: 24 Apr 2023 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27962

Actions (login required)

View Item View Item