TANTANGAN PRODI DKV DALAM MENYIKAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Said, Abdul Azis and Cahyadi, Dian (2019) TANTANGAN PRODI DKV DALAM MENYIKAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0. In: Seminar Nasional Forum Fakultas Bahasa dan Seni Indonesia (FFBSI), 3-6 September 2019, Universitas Negeri Gorontalo.

[img] Text
Prosiding-Seminar-Nasional-Forum-Fakultas-Bahasa-dan-Seni-Indonesia-FFBSI-Tanggal-3-6-September-2019 Dian Cahyadi.pdf

Download (968kB)
Official URL: https://repository.ung.ac.id/kategori/show/uncateg...

Abstract

Program Studi Desain Komunikasi Visual sebagai institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan jenis pendidikan profesi tentunya mengedepankan persoalan mutu luaran. Hal ini terkorelasi dengan berbagai persoalan di masyarakat yang menjadi konsentrasi profesi DKV sebagai jembatan dalam mengkomunikasikan berbagai persoalan tersebut dalam bentuk visual. Pada tahun 2008 diterbitkan sebuah buku berjudul Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi oleh Kementerian Pendidikan Nasional yang menjadi acuan perguruan tinggi dalam hal jaminan mutu pendidikan. Persoalannya adalah atmosfir pendidikan Prodi DKV yang bidang keilmuannya dituntut untuk terus menerus melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan kebutuhan dan perkembangan akan tuntutan profesi. Luaran dituntut dapat melakukan akselerasi dengan dunia industri yang dinamika profesinya sangat progresif terhadap tuntutan perkembangan jaman kompleksitas konvergensi keilmuannya sangat cepat (Tantangan Revolusi Industri). Panduan SPMI terbaru yang versi 2018 sesungguhnya telah sangat fleksibel dengan keleluasaan terhadap kekhasan jenis pendidikan tinggi, telah memberikan keleluasaan dalam menyusun acuanacuan standar yang ditetakan oleh asosiasi program studi, dan keleluasaan melakukan sinkronisasi acuan standar-standar tersebut dengan asosiasi profesi. Namun belum adaptif dengan tuntutan dan tantangan Revolusi Industri yang menekankan pentingnya teknologi informasi dan komunikasi yang terus mempengaruhi sistem pendidikan sekaligus mekanisme ketenagakerjaan di seluruh dunia. Makin menguatnya kecenderungan non-traditional students, yang berarti menuntut perguruan tinggi untuk menyesuaikan diri, misalnya transformasi ke sistem pembelajaran daring (online) dan distance learning programs. Oleh sebab itu, pembelajaran daring merupakan jalan keluar. Kecenderungan pembelajaran daring ini juga sudah harus diakomodasikan ke dalam pembelajaran di kelas-kelas dewasa ini. Pembelajaran daring ini bisa jauh lebih efisien dan efektif. Sehingga dibutuhkan pemikiran dalam merumuskan metode-metode acuan Standar Jaminan Mutu yang akomodatif dan adaptif dalam menjawab tantangan tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: paradigma, revolusi industri 4.0, sistim penjaminan mutu, luaran prodi DKV
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Desain Komuniksi Visual
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Mr. Dian Cahyadi
Date Deposited: 23 Apr 2023 05:24
Last Modified: 23 Apr 2023 05:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27954

Actions (login required)

View Item View Item