Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa di Jurusan PKK FT UNM

Syamsidah, Syamsidah (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa di Jurusan PKK FT UNM. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa di Jurusan PKK FT UNM, 5 (2). pp. 95-104. ISSN 2721-7612

[img] Text (Jurnal Nasional)
25. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWADI DI JURUSAN PKK FT UNM.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (Peer Review Jurnal Nasional)
25.Peer Review Jurnal Nasional-Pengambnagn Perangkat Pembelajaran dengan Model kooperatif Tipe Student.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/7446

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model STAD untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and development). Penelitian pengembangan ini mengadopsi model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi melalui empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan(design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Dalam tahap pengembangan dilakukan validasi ahli. Penelitian ini dirancang berlangsung satu tahun, dan menghasilkan desain prototipe awal perangkat-perangkat pembelajaran, selanjutnya mengembangkan perangkat-perangkat pembelajaran Mata Kuliah piranti dapur, uji coba, evaluasi dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran STAD efektif meningkatkan kreativitas mahasiswa.Hal ini dapat dilihat dari dua aspek yaitu keterlaksaan pembelajaran yang diamati oleh tiga orang observer dan hasil penilaian angket kreativitas mahasiswa. Selanjutnya, diperoleh produk/ perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dengan kategori valid, efektif dan praktis serta diapresiasi baik oleh pengampu mata kuliah dasar boga. Produk perangkat pembelajaran berupa RPP-STAD, dan buku ajar untuk mahasiswa jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Model STAD, Kreatifitas.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Syam sidah ida
Date Deposited: 11 May 2023 04:05
Last Modified: 11 May 2023 04:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27936

Actions (login required)

View Item View Item