Lydia, Episar and Irfan, Andi Muhammad (2022) Penerapan Pembelajaran Digital pada Materi Peralatan dan Bahan Las Listrik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 8 (2). pp. 179-186. ISSN 2476-8995; 2614-7858
Text (Artikel)
19_art_JPTP_3_29927-89568-1-PB (1).pdf Download (236kB) |
|
Text (Peer Review)
19_pr_art.pdf Download (831kB) |
|
Text (Turnitin)
19_tu_3_29927-89568-1-PB (1).pdf (1).pdf Download (268kB) |
Abstract
Pembelajaran di SMK YPK 2 Biak selama masa pandemic covid-19 dinilai kurang efektif dan menurunkan minat belajar peserta didik. Pembelajaran hanya dilakukan melalui WA-group bagi mereka yang memiliki gadget dan bagi mereka yang tidak memiliki gadget disediakan materi dan LKPD untuk di copy dan dipelajari di rumah. Tidak ada interaksi antara guru dan perserta didik sehingga hanya sebagian dari mereka yang aktif mengikuti pembelajaran. Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran digital untuk meningkatkan minat belajar siswa SMK YPK 2 Biak. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, siklus pertama dilakukan secara daring melalui zoom meeting dan siklus ke kedua dilakukan dengan tatap muka terbatas di kelas. Pembelajaran digital dilakukan dengan membagikan materi, vidio dan LKPD di media padlet serta melakukan tes diakhir pembelajaran dengan aplikasi quizizz. Minat belajar peserta didik dilihat dari persentase kehadiran dalam kelas, keaktifan mengerjakan tugas dalam kelompok, memaparkan hasil, tanya jawab dan dalam mengikuti tes dibagian akhir pembelajaran. Dari hasil penelitian menujukkan bahwa kehadiran peserta didik pada siklus I dan II mencapai 100%. Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran pada pada sikulus 1 keseluruhan masih kurang dari 50% sedangkan pada siklus II persentasenya diatas 80%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran digital di SMK YPK 2 Biak dapat meningkatkan minat belajar peserta didik baik dalam kelas virtual maupun melalui tatap muka langsung di kelas. Penerapan pembelajaran digital perlu bimbingan langsung dari guru untuk lebih meningkatkan minat belajar peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | Mardiana Mardiana |
Date Deposited: | 20 Apr 2023 17:05 |
Last Modified: | 20 Apr 2023 17:05 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27931 |
Actions (login required)
View Item |