PROFILBERPIKIR KREATIF SISWA SMP YANG BERKECENDERUNGAN TIPE KEPRIBADIAN ARTISAN DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

TAMSIL, TAMSIL (2016) PROFILBERPIKIR KREATIF SISWA SMP YANG BERKECENDERUNGAN TIPE KEPRIBADIAN ARTISAN DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
TAMSIL ARTIKEL.docx

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil berpikir kreatif siswa SMP yang berkecenderungan tipe kepribadian Artisan dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dikategorikan sebagai studi eksploratif dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti sendiri sebagai instrumen utama. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes berpikir kreatif dan wawancara kepada dua orang subjek berkepribadian Artisan. Pemilihan subjek dilakukan dengan memilih dua orang siswa yang berkecenderungan tipe kepribadian Artisan berdasarkan hasil tes penggolongan kepribadian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam hal kelancaran pada wawancara I dan II pada soal nomor 1 SA1 mampu memunculkan banyak jawaban dalam menyelesaikan soal atau pertanyaaan yang ada secara lancar dan cepat, begitupun halnya yang dilakukan dengan SA2 namun yang membedakan adalah bahwa SA2 selalu memberikan penyelesaian soal atau pertanyaan melebihi dari satu jawaban. Sedangkan pada wawancara I dan II pada soal nomor 2 SA1 dan SA2 mampu menuliskan sistem persamaan linear dua variabel sebanyak mungkin dengan lancar dan cepat serta mampu membuktikan secara benar salah satu sistem persamaan linear dua variabel tersebut dengan menggunakan metode gabungan. (2) Dalam hal kefasihan pada wawancara II pada soal nomor 1 bahwa SA1 menghasilkan jawaban yang bervariasi dan mampu mengubah cara pemikiran serta mencari banyak alternatif sedangkan pada soal nomor 2 SA1 dan SA2 mampu membuktikan secara benar penyelesaian yang berbeda-beda dan ini ditunjukkan oleh subjek tersebut dengan menggunakan metode eliminasi dan metode gabungan. Sedangkan wawancara I dan II pada soal nomor 1 SA2 mampu menunjukkan jawaban yang berbeda-beda.. (3) Dalam hal kebaruan pada wawancara I dan II pada soal nomor 1 dan nomor 2 bahwa SA1 dan SA2 mampu mencetuskan gagasan atau penyelesaian suatu masalah dengan cara yang asli, gagasan tersebut sangat jarang bahkan belum pernah diungkapkan sebelumnya tentu dalam hal ini tidak lain adalah memberikan jawaban yang unik. Kata Kunci :Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah Matematika, Kepribadian Artisan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Sep 2017 07:51
Last Modified: 05 Sep 2017 07:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2793

Actions (login required)

View Item View Item