Rusli, Ismail and Irfan, Andi Muhammad and Andi Muadz, Palerangi (2022) Penerapan Pembelajaran Berbasis Job Sheet Untuk Meningkatkan Keterampilan Memfrais CNC (Cnc Milling Skill) Siswa Kelas XII SMK Negeri 5 Makassar. Journal Of Vocational Instruction, 1 (2). pp. 24-31. ISSN 2829-3282; 2829-0658
Text (Artikel)
13 ART 39594-98786-1-PB (2).pdf Download (247kB) |
|
Text (Peer Review)
13 GN Penerapan Penbelajaran Berbasis Job Sheet Untuk Meningkatkan Keterampilan Memfrais CNC.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Researsch) yang bertujuan untuk Mengetahui Apakah Penerapan Pembelajaran Berbasis Job Sheet Dapat Meningkatkan Keterampilan Memfrais CNC (CNC Milling Skill) Siswa Kelas XII SMK Negeri 5 Makassar. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Makassar tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 24 peserta didik. Siklus satu dilaksanakan 4 kali pertemuan dilanjutkan pada siklus II dilaksanakan 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes praktik sesuai dengan job sheet yang diberikan sebelumnya pada setiap siklus dan observasi langsung pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian ini mengindikasikan adanya peningkatan keterampilan peserta didik secara kuantitatif, peningkatan ini terlihat pada skor rata–rata hasil praktik peserta didik pada siklus I adalah 73.91 dan kemudian meningkat menjadi 85.29 pada siklus II, Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran berbasis job sheet dapat meningkatkan keterampilan memfrais CNC (CNC milling skill) siswa kelas XII SMK Negeri 5 Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | Mardiana Mardiana |
Date Deposited: | 20 Apr 2023 16:12 |
Last Modified: | 20 Apr 2023 16:12 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27926 |
Actions (login required)
View Item |