Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII Siswa MTs Negeri Model Palu

Zulkarnain, Muh. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII Siswa MTs Negeri Model Palu. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK , 2016. (dibimbing oleh: Nurhikmah dan Muh. Rais). Penelitian ini bertujuan yaitu pertama untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berdasarkan analisis kebutuhan pada proses pembelajaran bahasa Inggris di MTsN Model Palu, kedua mengetahui gambaran prototype media pembelajaran interaktif yang diaplikasikan pada mata pelajaran bahasa Inggris melalui media, materi, dan angket respon guru dan siswa, dan ketiga mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif dari hasil validasi ahli dan kepraktisan media pembelajaran interaktif sebagai media pembelajaran bahasa Inggris di MTsN Model Palu pada tahapan uji coba. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan menggunakan model 4D. Pengembangan media pembelajaran interaktif melalui empat tahapan, yaitu: 1) define (pendefinisian) merupakan kebutuhan pembelajaran berupa tujuan dan kendala dari pembelajaran, 2) design (perancangan) merupakan rancangan media pembelajaran berupa prototype, 3) develop (pengembangan) merupakan prototipe media pembelajaran yang telah direvisi para ahli, dan 4) disseminate (penyebaran) merupakan tahapan penggunaan media pembelajaran interaktif yang dilakukan pada sekolah tersebut. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berdasarkan uji validitas para ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif dinyatakan melalui pengujian para ahli dengan kategori valid berarti layak digunakan, sedangkan pada tahapan hasil uji coba media pembelajaran interaktif melalui respon guru dan respon siswa telah memenuhi kategori praktis. ABSTRACT MUH. ZULKARNAIN, 2016. Development of Interactive Learning Media in English Subject in Grade VII at MTsN Model Palu (supervised by Nurhikmah and Muh. Rais) This study aims firstly to develop interactive learning media based on a needs analysis in the process of learning English in MTsN Model Palu, the second to know the description prototype interactive learning media were applied to the subjects of English through media, materials, and questionnaire responses of teachers and students, and the third determine the feasibility of interactive learning media on the results of expert validation and practicality of interactive learning media as a medium of learning English in MTsN Model Palu at trial stage. This type of research is the Research and Development (R & D) by developing methods using the 4D model. The development of interactive learning media through four stages, namely: 1) define (defining) the learning needs in the form of objectives and constraints of learning, 2) design (design) is the design of learning media in the form of prototype, 3) develop (development) was the prototype of instructional media the revised experts, and 4) disseminate (spread) is a stage of interactive learning media use conducted at the school. Determining the feasibility of interactive learning media based on test validity of the experts. The results showed that the eligibility rate media interactive learning is expressed through testing experts with valid category means fit for use, whereas at this stage of the trial results through the interactive learning media response of teachers and students' responses have met the practical category.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Sep 2017 07:43
Last Modified: 05 Sep 2017 07:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2792

Actions (login required)

View Item View Item