EVALUATION OF BEGINNING TEACHERS INDUCTION PROGRAM IN PUBLIC VOCATIONAL HIGH SCHOOL OF TAKALAR

Hasmawati, Hasmawati (2016) EVALUATION OF BEGINNING TEACHERS INDUCTION PROGRAM IN PUBLIC VOCATIONAL HIGH SCHOOL OF TAKALAR. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL HASMAWATI.docx

Download (62kB)

ABSTRAK Hasmawati, Evaluasi Program Induksi Guru Pemula pada SMKN di Kabupaten Takalar (dibimbing oleh Syahrul dan Baso Intang Sappaile ) Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui; (i) gambaran perencanaan dan persiapan program induksi guru pemula pada SMKN di Kabupaten Takalar; (ii) gambaran pelaksanaan program induksi guru pemula (PIGP) pada SMKN di Kabupaten Takalar; (iii) gambaran kemampuan guru pemula yang telah mengikuti PIGP dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan melakukan penilaian hasil belajar peserta didik di Kabupaten Takalar. Penelitian menggunakan Model Responsive Stake, yang meliputi evaluasi aspek antecedent, transaction, dan outcomes. Sumber data terdiri dari pengawas sekolah, kepala sekolah, pembimbing, dan guru yang telah mengikuti program induksi. Data dikumpulkan menggunakan pedoman wawancara untuk aspek antecedent dan transaction, lembar observasi untuk aspek outcomes dan studi dokumentasi untuk menunjang dan memperkuat kebenaran data yang telah dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Data dianalisis kualitatif dan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data hasil analisis dibandingkan dengan standar dan kriteria evaluasi yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Gambaran program induksi guru pemula pada SMKN di Kabupaten Takalar ditinjau dari aspek anteceden yaitu perencanaan dan persiapan program induksi guru pemula terlaksana dengan baik. (ii) Gambaran pelaksanaan program induksi guru pemula pada SMKN di Kabupaten Takalar yang merupakan aspek transaction terlaksana dengan baik n. (iii) Gambaran pelaksanaan program induksi guru pemula pada SMKN di Kabupaten Takalar ditinjau dari aspek outcomes yaitu kemampuan guru yang telah mengikuti PIGP dalam beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah, merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan melakukan penilaian hasil belajar peserta didik amat baik. Kata Kunci: Program Induksi, Guru Pemula

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Sep 2017 07:17
Last Modified: 05 Sep 2017 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2789

Actions (login required)

View Item View Item