STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS COFFEE SHOP DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI ANOMALI COFFEE MAKASSAR)

Mopilie, Iqram and Haeruddin, Muhammad Ilham Wardhana and Haeruddin, M. Ikhwan Maulana (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS COFFEE SHOP DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI ANOMALI COFFEE MAKASSAR). Jurnal Manajemen, 2 (2).

[img] Text
42300-109769-1-PB copy.pdf

Download (514kB)
[img] Text (TURNITIN)
Manajemen, Anomali Coffee SWOT.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review)
Anomali.pdf

Download (1MB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang cocok untuk diterapkan oleh bisnis coffee shop untuk bertahan di masa pandemi Covid-19, khususnya strategi pemasaran yang diterapkan oleh Anomali Coffee Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Alat analisis yang digunakan yaitu dari model bisnis kanvas untuk pemetaan konsep dasar, PESTEL dan Five-Forces of Porter untuk analisis eksternal, dan bauran pemasaran 4P dan STP untuk analisis internal perusahaan. Untuk mendeskripsikan hasil penelitian digunakan matriks SWOT dan TOWS dengan menentukan strategi pemasaran yang cocok untuk diterapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan dari Anomali Coffee Makassar berada dari segi tempat yang strategis dan nyaman, dengan kualitas kopi yang digunakan berkualitas tinggi, dan untuk adaptasi di masa pandemi, menginovasikan produk minumannya dengan mengeluarkan produk botolan yang bisa di simpan oleh konsumen. Sedangkan kelemahan dari bisnis ini berada di segi bauran promosi yang belum tersampaikan dengan baik ke konsumen dan dari segi harga yang kurang bisa digapai oleh kalangan menengah ke bawah. Anomali Coffee Makassar juga memiliki peluang pasar B2B dimana jika bisa meluncurkan produk botolannya dengan harga 20 ribu dan memasarkannya di berbagai marketplace agar bisa dijangkau oleh seluruh kalangan. Sedangkan ancaman yang harus dihadapi berupa situasi pandemi yang tidak menentu hingga menurunnya daya beli masyarakat, serta pemberlakuan PPKM dari pemerintah yang membuat operasional dari kafe sangat terbatas.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Dr. M. Ikhwan Maulana Haeruddin
Date Deposited: 02 May 2023 04:30
Last Modified: 02 May 2023 04:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27856

Actions (login required)

View Item View Item