Maru, Rosmini and Nasiah, Nasiah and Murnihati, Murnihati and Sudriman, Sudirman (2015) PENGARUH GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI. In: Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke-54 "Peran Pendidikan Karakter Melalui Optimalisasi IPTEK Pencerdasan Generasi Unggul", 20 Agustus 2015, Makassar, Indonesia.
|
Text (Prosiding Seminar Nasional)
Artikel Prosiding Seminar Nasional - Pengaruh Gaya Kognitif...pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (Peer Review Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review - Pengaruh Gaya Cognitf...pdf - Published Version Download (668kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Gaya kognitif adalah karakteristik kepribadian yang relatif stabil dan diekspresikan secara konsisten pada berbagai situasi. Penelitian ini mencoba melihat pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui 55 orang sampel yang terpilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel acak (random sampling).Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan teknik analisis korelasi Pearson, dan regresi sederhana. Hasil kajian menunjukkan bahwa sebanyak 9,50% hasil belajar geografi dipengaruhi oleh gaya kognitif dan setiap satu unit perubahan skor gaya kognitif menyebabkan terjadinya perubahan skor hasil belajar geografi sebesar 2,641. Hal tersebut menunjukkan bahwa guru yang memahami gaya kognitif siswa dapat membantu dalam mengajar siswa tersebut. Namun demikian, hasil kajian ini menunjukkan hasil yang tidak begitu signifikan. Oleh karena itu, perlu kajian lanjut untuk mengetahui faktor-faktor yang lain seperti kecerdasan emosional, sarana dan prasarana, keadaan sekolah, dan lain-lain.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kognitif, Hasil Belajar Geografi. |
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 03:53 |
Last Modified: | 05 Nov 2017 16:21 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2782 |
Actions (login required)
View Item |