Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio untuk Siswa Penderita Tuna Netra di SLB-A YAPTI

Saputra, Rimba and Asrib, Ahmad Rifqi and Mappalotteng, Abdul Muis (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio untuk Siswa Penderita Tuna Netra di SLB-A YAPTI. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio untuk Siswa Penderita Tuna Netra di SLB-A YAPTI, 6 (1). pp. 63-78. ISSN 2580-0434

[img] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio untuk Siswa Penderita Tuna Netra di SLB-A YAPTI)
16 Pengembangan Media Pembelajaran.pdf - Published Version

Download (416kB)
[img] Text (Peer Review-Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio untuk Siswa Penderita Tuna Netra di SLB-A YAPTI)
Peer Review Jurnal Nasional-Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio untuk Siswa Penderita Tun_a.pdf - Supplemental Material

Download (901kB)
[img] Text (Turnitin-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO UNTUK SISWA PENDERITA TUNA NETRA DI SLB- A YAPTI MAKASSAR)
16 Pengembangan Media Pembelajaran.pdf Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (458kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/UJTV/article/view/34303

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis audio untuk siswa penderita tuna netra di SLB-A YAPTI Makassar, (2) Mengetahui kualitas kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Audio Untuk Siswa Penderita Tuna Netra menggunakan pengujian standar ISO/IEC9126. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D)dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (ADDIE), terdiri dari 5 (lima) tahap yaitu, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement(implementasi), dan evaluate (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa penderita tuna netra dan guru di SLB-A YAPTI Makassar. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode pengujian perangkat lunak ISO/IEC 9126 yaitu meliputi aspek functionality, usability, portability dan maintainability. Pada aspek functionality menggunakan test case oleh dua ahli system, aspek usability menggunakan angket kuisioner, aspek portability menggunakan berbagai jenis smartphone dan aspek maintainability menguji perangkat lunak pada aspek analyzability dan changebility. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis audio untuk siswa penderita tuna netra. Hasil pengujian aspek functionality sistem dinilai baik karena X mendekati 1, aspek usability memperoleh nilai 65 dalam kategori “sangat tinggi”, aspek portability tidak memiliki error diberbagai jenis smartphone,aspek maintainability menunjukkan sub-karakteristik yang dinilai pada aplikasi dari sisi maintainability sudah baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas perangkat lunak sudah memenuhi kriteria kualitas perangkat lunak. Kata kunci: Media Pembelajaran, Audio, Tuna netra, SLB

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Bangunan
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Rifq Ahmad Ahmad
Date Deposited: 30 Apr 2023 06:32
Last Modified: 30 Apr 2023 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27763

Actions (login required)

View Item View Item