EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PUSH HOCKEY INDOOR DITINJAU DARI KINESTESIS

Syahruddin, Syahruddin and Saleh, M. Sahib and Saleh, Muhammad Syahrul and Rahman, Abdul (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PUSH HOCKEY INDOOR DITINJAU DARI KINESTESIS. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M), Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

[img] Text
2022 - PNBP - Cover dan Pengesahan Penelitian FIK.pdf

Download (707kB)
[img] Text
2022 PNBP - BAB 1.pdf

Download (86kB)
[img] Text
2022 PNBP - BAB 2.pdf

Download (145kB)
[img] Text
2022 PNBP - BAB 3.pdf

Download (111kB)
[img] Text
2022 PNBP - BAB 5.pdf

Download (62kB)

Abstract

Tujuan akhir dalam mengikuti pembelajaran adalah meningkatkan keterampilan. Adanya target itu, harus diimbangi oleh metode pembelajaran yang focus pada peserta didik. Salah satu faktor dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan push hockey indoor adalah metode pembelajaran proyek base learning (PjBL). Selain PjBL, juga terdapat yang berpengaruh pada keterampilan push hockey indoor adalah kinestesis. Sejalan dengan itu, peneliti akan mencoba untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran project base learning terhadap keterampilan push hockey indoor ditinjau dari kinestesis. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan variabel perlakuan adalah project base learning (PjBL) sedangkan variabel terikat adalah keterampilan push hockey indoor ditinjau dari kinestesis, sedangkan variabel atribut kinestesis, tinggi (KT) dan rendah (KR). Kelompok pertama (A) adalah kelompok KT dengan pemberian perlakuan PjBL sedangkan kelompok kedua (B) sebagai kelompok KR dengan pemberian perlakuan PjBL. Lokasi penelitian dilakukan di lapangan FIK Makassar, dan dilaksanakan bulan Juni s/d Juli 2022. Sampel penelitian adalah mahasiswa putra tim sejumlah 40 orang usia 20-22 Tahun. Setelah semua data keterampilan push didapatkan (pre exercise, post exercise, post therapy), dan rata-rata kinestesis, peneliti menggunakan data tersebut untuk melihat dan membandingkan hasil daripada penelitian ini, untuk mengetahui apakah PjBL, mempunyai tingkat efektivitas yang baik dalam meningkatkan keterampilan push hockey indoor pada KT, dibandingkan dengan KR melalui uji-tidak berpasangan pada taraf signifikat 0.05. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan PjBL terhadap keterampilan push hockey indoor. Kelompok KT lebih baik meningkatkan keterampilan push hockey indoor daripada kelompok KR (p<.05) Kata-kata Kunci: project base learning, Kinestesis, keterampilan push hockey indoor

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: fik unm makassr
Date Deposited: 03 May 2023 06:36
Last Modified: 03 May 2023 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27739

Actions (login required)

View Item View Item