HUBUNGAN KEBIASAAN PENGGUNAAN GADGETTERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

FITRAH HUMAIRAH ISTIQAMAH (2023) HUBUNGAN KEBIASAAN PENGGUNAAN GADGETTERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal+JPTI+2022+Fitrah+Humairah+Istiqamah.pdf

Download (286kB)

Abstract

Penggunaan gadget pada anak bukan menjadi hal yang mewah untuk zaman sekarang karena sebagian anak-anak sudah difasilitasi gadget oleh orang tuanya. Penggunaan gadget pada anak memberikan dampak terhadap perkembangannya, salah satunya aspek perkembangan sosial emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi Rank Spearman. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Paccerakkang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar yang berjumlah 443 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel berjumlah 82 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kebiasaan penggunaan gadget memiliki hubungan yang signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Kata Kunci: kebiasaan; gadget; perkembangan sosial emosional.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:15
Last Modified: 12 Apr 2023 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27738

Actions (login required)

View Item View Item