PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPERIMEN KOLABORATIF TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KABUPATEN BULUKUMBA

WINDA NUHDIYAH JAYA (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPERIMEN KOLABORATIF TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
PRINT ARTIKEL.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode eksperimen kolaboratif terhadap kemampuan sains anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kabupaten Bulukumba. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control grup design atau eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah anak didik di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kabupaten Bulukumba pada kelompok B4. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 orang anak dengan 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Hasil analisis data dengan analisis uji Wilcoxon menggunakan SPPS yang diperoleh 0,027 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterma artinya kemampuan sains pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol, ini membuktikan metode eksperimen kolaboratif dengan kegiatan percobaan eksperimen sederhana sains memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan sains anak usia 5-6 tahun. Kata-kata Kunci: metode eksperimen, kemampuan sains

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:04
Last Modified: 12 Apr 2023 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27734

Actions (login required)

View Item View Item