Sudirman, Sudirman and Maru, Rosmini (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 32 MAKASSAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) SMP Negeri 32 Makassar,Makassar,Sulawesi Selatan,Indonesia. PANGEA "WAHANA INFORMASI PENGEMBANGAN PROFESI DAN ILMU GEOGRAFI", 1 (1). pp. 1-73. ISSN 2355 - 1674
|
Text (Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Artikel Jurnal Nasional TIdak Terakreditasi - Peningkatan Hasil Belajar IPS Terpadu.pdf - Published Version Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (Peer Review Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Peer Review - Peningkatan Hasil Belajar IPS Terpadu.pdf - Published Version Download (750kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS Terpadu materi penyimpangan social dalam kehidupan keluarga dan masyarakat melalui penerapan model PBI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBI dapat meningkatkan perhatian, minat serta motivasi siswa kelas VIIIA SMP Negeri 32 Makassar dalam belajar IPS terpadu pada materi masalah penyimpangan social dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Hal tersebut berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa, seperti yang tampak dari hasil tes pratindakan, tes siklus pertama hingga tes siklus kedua mengalami peningkatan siswa yang memperoleh nilai diatas nilai standar ketuntasan minimal (SKM) 65. Sehingga penerapan model PBI pada materi penyimpangan social dalam keluarga dan masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 32 Makassar khususnya pada materi tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, problem based instruction (PBI), IPS Terpadu. |
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 01:06 |
Last Modified: | 05 Nov 2017 20:44 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2768 |
Actions (login required)
View Item |