Efek Materi Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Best Practice Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kosa Kata Bahasa Inggris

Atmowardoyo, Haryanto and Sakkir, Geminastiti (2021) Efek Materi Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Best Practice Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kosa Kata Bahasa Inggris. SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2021. pp. 546-558. ISSN ISBN: 978-623-387-014-6

[img] Text
1. 2021- 11 Semnas MP LP2M 2021.pdf

Download (333kB)
[img] Text
1. Peer Review Prosiding Nasional Efek Materi Mata Kuliah Belajar Semnas LP2M UNM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Artikel ini merupakan bagian dari hasil penelitian yang berjudul “Efek Materi Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran berbasis Best Practice terhadap Perilaku Belajar Bahasa Inggris”. Best Practice dapat menghasilkan teori yang baik. Dalam bidang pembelajaran bahasa, banyak ahli yang telah mengembangkan teori pembelajaran bahasa berdasarkan Best Practice. Teori yang dikembangkan berdasarkan Best Practice telah digunakan untuk melengkapi bahan ajar pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran pada Jurusan Bahasa Inggris di sebuah universitas negeri sebagai studi eksperimental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek materi berbasis Best Practice dalam perilaku belajar bahasa dalam meningkatkan penguasaan kosakata. Untuk mengetahui efek tersebut, para peneliti melakukan eksperimen kualitatif dengan memberikan angket terbuka sebagai Pretest dan Posttest, serta Treatment. Para peneliti memilih 20 siswa dengan nilai IPK rendah. Perbedaan jawaban subjek pada Pretest dan Posttest menunjukkan adanya pengaruh perlakuan dengan materi pembelajaran Best Practice. Analisis data meliputi observasi, open coding, dan axial coding. Hasilnya mengungkapkan efek strategi pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata yang digunakan oleh mahasiswa dengan nilai IPK rendah. Efeknya meliputi strategi pembelajaran baru dan media pembelajaran baru yang digunakan oleh subjek penelitian untuk meningkatkan penguasaan kosa kata mereka. Kata Kunci: Best Practice, Efek, Kosa Kata, Belajar Dan Pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Farid Sehuddin
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:11
Last Modified: 12 Apr 2023 04:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27675

Actions (login required)

View Item View Item