PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA BIDANG STUDI FISIKA

Masrurah, Marwan and Khaeruddin, Khaeruddin and Bunga Dara, Amin (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA BIDANG STUDI FISIKA. In: Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2019, Makassar.

[img] Text (DOKUMEN_Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM)
1. Artikel_ Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM.pdf

Download (328kB)
[img] Text (HASIL REVIEW_Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM)
2. HASIL REVIEW_ Artikel Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM.pdf

Download (657kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnasfisika/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen fisika berupa soal tes HOTS yang valid, reliabel, dan mendeskripsikan respon guru fisika terhadap instrumen asesemen HOTS. Model dan rancangan penelitian yang digunakan diadaptasi dari model Borg & Gall yang meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba terbatas, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk akhir. Penelitian dilaksanakan di MA Sultan Hasanuddin pada bulan Februari 2020. Hasil penelitian diperoleh 33 soal tes HOTS yang digunakan dinyatakan valid dan layak digunakan. Dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,87 termasuk kategori sangat tinggi. Soal tes memiliki tingkat kesulitan sebesar 0,46 termasuk dalam kategori sedang, dan daya beda soal sebesar 0,43 dengan kategori baik. Instrumen asesmen HOTS yang dikembangkan dinyatakan valid karena telah memenuhi kaidah soal HOTS dari segi materi, yang menggunakan stimulus yang menarik dan kontekstual, mengukur level kognitif penalaran peserta didik. Sedangkan dari segi konstruksi, soal yang digunakan singkat dan jelas serta grafik yang terdapat pada soal juga berfungsi. Dari segi bahasa, soal telah menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar serta tidak mengandung unsur SARA. Instrumen asesmen HOTS yang dikembangkan dianggap sesuai dengan indikator yang dirumuskan dan dapat diukur dengan jelas, serta dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Instrumen asesmen HOTS yang digunakan juga dianggap telah memenuhi kaidah bahasa Indonesia yang baku dan tidak bermakna ganda. Selain itu, instrumen yang dikembangkan dianggap mudah dilaksanakan, diperiksa, dan dilengkapi petunjuk yang jelas

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr. Khaeruddin Khaeruddin
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:22
Last Modified: 12 Apr 2023 04:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27607

Actions (login required)

View Item View Item