Rahmawati, Rahmawati and Kurniati, . and Khaeruddin, Khaeruddin (2022) Efektivitas Penggunaan Aplikasi EduMu pada Pembelajaran Fisika Tehadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 10 (1). pp. 114-122. ISSN 2442-4838
Text (DOKUMEN_SINTA 3)
1. Artikel_Jurnal Pendidikan Fisika.pdf Download (644kB) |
|
Text (HASIL REVIEW_SINTA 3)
2. HASIL REVIEW_Artikel Jurnal Pendidikan Fisika.pdf Download (607kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian survei bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan aplikasi EduMu pada pembelajaran fisika terhadap motivasi belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar dengan jumlah 13 orang yang juga merupakan sampel dalam penelitian ini dengan teknik pengambilan sampel secara sampling Jenuh. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar respon siswa terhadap penggunaan aplikasi EduMu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi motivasi dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif pada data motivasi dan respon siswa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar sebesar 92,5 dengan kategori sangat tinggi sebesar 85%. Sedangkan respon peserta didik terkait penggunaan aplikasi EduMu memiliki persentase tertinggi pada respon Sangat Setuju (40%). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Edumu efektif dalam memotivasi siswa dalam belajar Fisika.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Dr. Khaeruddin Khaeruddin |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 04:11 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 04:11 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27604 |
Actions (login required)
View Item |