PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MEMBENAHI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA PADA TOPIK GELOMBANG MEKANIK

Rahmawati, Rahmawati and Wahda Anugrah, Yusuf and Khaeruddin, Khaeruddin (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MEMBENAHI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA PADA TOPIK GELOMBANG MEKANIK. S P E K T R A: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 8 (1). pp. 37-36. ISSN 2548-642X

[img] Text (DOKUMEN)
1. Artikel_SPEKTRA_ Jurnal Kajian Pendidikan Sains SINTA 3.pdf

Download (358kB)
[img] Text (HASIL REVIEW)
2. HASIL REVIEW_SPEKTRA_ Jurnal Kajian Pendidikan Sains SINTA 3.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://spektra.unsiq.ac.id/index.php/spek/index

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) berbantukan metode pembelajaran brainstorming. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif melalui Pre Experimental Design. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 11 Gowa kelas XI yang berjumlah 33 siswa. Instrumen penelitian berupa two-tier test.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif terkait kategori pemahaman konsep yang dibedakan atas kategori paham konsep, miskonsepsi, menebak, dan tidak paham konsep. Penignkatan pemahaman konsep dianalisis dengan N-Gain yang dibedakan menjadi kategori tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat pemahaman konsep siswa pada topik Gelombang Mekanik untuk pre-test pada kategori paham konsep, miskonsepsi, menebak, dan tidak paham secara berurutan yaitu 34% , 27%, 12%, dan 27%. Sementara, persentase tingkat pemahaman konsep pada post test untuk kategori paham, miskonsepsi, menebak, dan tidak paham yaitu 48% , 14% , 24% , dan 12% secara berurutan. Hasil analisis N-Gain skor pemahaman konsep diperoleh sebesar 0,650 dengan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan adanya reduksi persentase miskonsepsi dengan diterapkan model pembelajaran PBL dengan metode brainstorming. Kesimpulan dari penelitian ini adalah yaitu model pembelajaran PBL berbantukan metode brainstorming berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Gelombang Mekanik.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Dr. Khaeruddin Khaeruddin
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:10
Last Modified: 12 Apr 2023 04:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27591

Actions (login required)

View Item View Item