PEMBELAJARAN PRAKTEK BERBASIS WEB UNTUK MEMFASILITASI KETERAMPILAN VOKASIONAL BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Hendra, Hendra Jaya and haryoko, sapto and Lu'mu, Lu'mu (2015) PEMBELAJARAN PRAKTEK BERBASIS WEB UNTUK MEMFASILITASI KETERAMPILAN VOKASIONAL BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Prosiding Seminar Nasional “Optimalisasi Hasil-Hasil Penelitian dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan”.. pp. 566-577. ISSN 2460-1322

[img] Text (Prosiding Nasional)
28. ISI-Prosiding Nasional - Pembelajaran Praktek Berbasis Web untuk memfasilitasi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review Prosiding Nasional)
28. Peer Review Prosiding Nasional - Pembelajaran Praktek Berbasis Web untuk memfasilitasi.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
[img] Text (Turnitin Prosiding Nasional)
28. TURNITIN-Prosiding Nasional - Pembelajaran Praktek Berbasis Web untuk memfasilitasi.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
Official URL: http://eprints.unm.ac.id/13779/1/Artikel%20Prosidi...

Abstract

Anak berkelainan (anak berkebutuhan khusus) berhak pula memperoleh kesempatan yang sama dengan anak lainnya (anak normal) dalam pendidikan. Anak berkebutuhan khusus pada umumnya terdiri atas anak-anak yang mengalami keterlambatan dan gangguan dalam perkembangannya sehingga membutuhkan penanganan khusus untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki anak berkebutuhan khusus. Urgensi (keutamaan) penelitian ini antara lain adalah: 1) terciptanya sebuah perangkat pembelajaran multimedia berbasis TIK yang dapat memfasilitasi proses belajar dan keterampilan vokasional anak berkebutuhan khusus (ABK); 2) dengan adanya perangkat pembelajaran berbasis multimedia dan Teknologi Informasi dan Komunikasi maka diharapkan penyampaian materi pada anak berkebutuhan khusus (ABK) ini menjadi lebih mudah diterima daripada penyampaian dengan menggunakan buku dan alat peraga; 3) dengan adanya aplikasi multimedia interakif ini penerimaan materi akan lebih mudah ditangkap, karena materi dilengkapi penjelasan melalui animasi gambar yang dikemas secara menarik, aplikasi multimedia ini dirancang dengan konsep user friendly, dan meringankan beban guru dalam memberikan materi pembelajaran; 4) media pembelajaran berbasis multimedia dan TIK ini digunakan sebagai pembelajaran khususnya pada peserta didik berkebutuhan khusus, dan diharapkan dengan adanya media pembelajaran ini dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan serta meningkatkan kemampuan vokasional pada Sekolah Luar Biasa. Kata Kunci: Multimedia, TIK, keterampilan vokasional, anak berkebutuhan khusus

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Anas Arfandi
Date Deposited: 31 Mar 2023 10:41
Last Modified: 31 Mar 2023 10:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27550

Actions (login required)

View Item View Item