Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd Dalam Mengerjakan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Satriani, Satriani and Amran, Muhammad and Lumu, Lu'mu and Syahrir, Muhammad (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd Dalam Mengerjakan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 1 (4). pp. 551-557. ISSN 2807-7016

[img] Text (isi Jurnal Nasional)
19. ISI-Jurnal Nasional - Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD dalam Mengerjakan.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (Peer Review Jurnal Nasional)
19. Peer Review Jurnal Nasional - Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD dalam Mengerjakan.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
[img] Text (Turnitin Jurnal Nasional)
19. TURNITIN-Jurnal Nasional - Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD dalam Mengerjakan.pdf - Supplemental Material

Download (456kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/jppsd/article/view/27220/151...

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Sd Negeri 22 Jeppe’e Kec.Tanete Riattang Barat Kab.Bone dalam mengerjakan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Hasil penelitian menunjukkan , Kemampuan berpikir kritis melalui soal HOTS siswa kelas V SD Negeri 22 Jeppe’e tergolong dalam kirteria sedang,. Hasil penelitian tes dan wawancara yang diperoleh di antaranya: 1) Sebagaian besar subjek memiliki pengalaman belajar dalam mengerjakan soal atau permasalahan baik yang diperoleh melalui proses pembelajaran di kelas sehingga dapat memberikan kesempatan siswa untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan soal HOTS. 2) Nilai-nilai yang diperoleh siswa dalam menyelesaikan soal HOTS yaitu tinggi 13,51%, sedang 67,56% dan kurang 19,91 % dari keseluruhan sampel sebanyak 37 siswa. Nilai yang diperoleh hasil tes kemampuan berpikir kritis yaitu 70,33%, sehingga kemampuan berpikir krtisi siswa dikategrikan baik. dalam menyelesaikan soal HOTS. Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis; Higher Order Thinking Skills (HOTS); Pengalaman belajar

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Anas Arfandi
Date Deposited: 31 Mar 2023 10:41
Last Modified: 31 Mar 2023 10:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27545

Actions (login required)

View Item View Item