PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ANTIKORUPSI BERBASIS MEDIA KARTU PADA SISWA PRA-VOKASIONAL

Lumu, Lu'mu and Mustamin, Mustamin (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ANTIKORUPSI BERBASIS MEDIA KARTU PADA SISWA PRA-VOKASIONAL. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan, 3 (2). pp. 197-213.

[img] Text (isi jurnal Nasional)
18. ISI-Jurnal Nasional - Pengembangan Model Pembelajaran Antikorupsi Berbasis Media Kartu pada.pdf - Published Version

Download (907kB)
[img] Text (Peer Review Jurnal Nasional)
18. Peer Review Jurnal Nasional - Pengembangan Model Pembelajaran Antikorupsi Berbasis Media Kartu pada.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
[img] Text (Turnitin Jurnal Nasional)
18. TURNITIN-Jurnal Nasional - Pengembangan Model Pembelajaran Antikorupsi Berbasis Media Kartu pada.pdf - Supplemental Material

Download (970kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/2611

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui Bagaimana mengembangkan model pembelajaran Antikorupsi Berbasis Media Kartu Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Sejak Usia Dini Pada Siswa SMP; 2) mengetahui bagaimana desain model pembelajaran Antikorupsi Berbasis Media Kartu Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Sejak Usia Dini Pada Siswa SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Pengembangan perangkat lunak yang berupa model pembelajaran yang menggunakan permainan kartu untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pembelajaran korupsi ini dilaksanakan dengan pendekatan engineering dimana tahapannya adalah: analisis, desain, implementasi, dan evaluasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari instrumen analisis kebutuhan, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil lembar analisis kebutuhan, lembar ahli materi, dan ahli media. Pengembangan media kartu anti korupsi sebagai media pembelajaran melalui tiga tahapan antara lain : a) analysis dengan menganalisis kebutuhan, analisis karakteristik,analisis materi, serta analisis tujuan. b) design yaitu merancang konsep, merancang perangkat pengembangan, membuat rancangan produk, dan revisi dan validasi produk. c) development yaitu memproduksi produk sampai finishing. Desain model pembelajaran anti korupsi menggunakan kartu sebagai media pembelajaran ditambah dengan aplikasi berbasis mobile yang mendukung permainan kartu. Perangkat lunak dirancang dengan tujuan untuk mempermudah permainan. Mencari kunci jawaban dengan mudah tanpa harus menggunakan buku panduan dalam bentuk hardcopy. Berdasarkan hasil penilaian diperoleh rerata skor penilaian sangat valid baik oleh Ahli Media dan Ahli Materi. Kata Kunci : Anti Korupsi, Nilai Kejujuran, Media Kartu

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika
FAKULTAS TEKNIK > D3 Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Anas Arfandi
Date Deposited: 31 Mar 2023 10:41
Last Modified: 31 Mar 2023 10:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27543

Actions (login required)

View Item View Item