MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTEK TARI BOSARA DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MELALUI MODEL TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS X UPT SMAN 3 PINRANG

ANGGRENI, IRA (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTEK TARI BOSARA DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MELALUI MODEL TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS X UPT SMAN 3 PINRANG. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL III - Ira Anggraeni.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode demonstrasi dan terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X UPT SMAN 3 Pinrang, dengan jumlah 35 siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model tutor sebaya yang dapat meningkatkan hasil belajar praktek Tari Bosara dalam pembelajaran seni buadaya pada siswa kelas X UPT SMAN 3 Pinrang. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model tutor sebaya dalam pembelajaran seni Tari Bosara dalam pembelajaran seni budaya pada siswa kelas X UPT SMAN 3 Pinrang. Pengumpulan data dalam penelitian melalui observasi, wawancara, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa kelas X UPT SMAN 3 Pinrang dapat ditingkatkan melalui model tutor sebaya. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tiga kali pertemuan disetiap siklusnya dalam waktu kurang lebih 45 menit dalam setiap pembelajaran. (2) Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari aspek wiraga, wirama, dan wirasa meningkat dari siklus I ke siklus II, yang ditunjukkan melalui peningkatan aspek wiraga sebesar 6.43%, aspek wirama sebesar 14.28%, dan pada aspek wirasa sebesar 13.57%. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai nilai lulus sebanyak 10 orang atau sebesar 28.57% dan yang belum lulus sebanyak 25 orang atau sebesar 71.42%. Dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu jumlah siswa yang lulus mencapai 20 orang atau sebesar 57.14% dan yang tidak lulus sebanyak 15 orang atau sebesar 42.85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, penerapan model tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran praktek Tari Bosara. Kata kunci : Hasil belajar, Model Tutor Sebaya, Praktek Tari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:24
Last Modified: 30 Mar 2023 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27516

Actions (login required)

View Item View Item