PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR BERMAIN GITAR PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 DI SMAN 8 GOWA

NUR AULIA RAFISTA MAKASSAR, ANANDA (2022) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR BERMAIN GITAR PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 DI SMAN 8 GOWA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Artikel ANANDA NUR AULIA 1882040018 - Ananda Nur aulia.pdf

Download (328kB)

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Agar Siswa Dapat Meningkatkan Kemampuan teknik dasar bermain gitar Pada Pembelajaran Seni Budaya Di Sman 8 Gowa. Adapun Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah (1) Bagaimana Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan teknik dasar bermain gitar Pada Siswa Kelas Xi Mipa 1 Di Sman 8 Gowa. (2) Bagaimana Hasil Dari Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan teknik dasar bermain gitar Pada Siswa Kelas Xi Mipa 1 Di Sman 8 Gowa. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam Dua Siklus, Pelaksanaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Seni Budaya Pada Siswa Meliputi Empat Tahap Yang Dilakukan Yaitu Persiapan Menyiapkan Materi Dan Alat Gitar, Kedua Pelaksanaan Setiap Pertemuan, Ketiga Observasi Terhadap Proses Pelaksanaan Dan Keempat Refleksi Atau Evaluasi. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Observasi, Dokumentasi Dan Juga Tes Dimana Tes Yang Dilakukan Terhadap Siswa Yaitu Memainkan Dasar Bermain Gitar. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Adalah Kuantitatif Dan Kualitatif Yang Mencakup Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data Dan Kesimpulan. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Dalam Memainkan Dasar Bermain Gitar Menggunakan Metode Drill Pada Pembelajaran Seni Budaya Dengan Materi Dasar Bermain Gitar Dibuktikan Dengan Hasil Pretest Sebelum Penerapan Metode Drill Pada Pembelajaran Seni Budaya Dan Postest Pada Tahap Evaluasi, Dari Hasil Tersebut Membuktikan Bahwa Hasil Pretest Yang Didpatkan Hanya Sebagian Siswa Yang Dapat Memainkan Dasar Bermain Gitar Dan Beberapa Siswa Lainnya Belum Bisa Memainkan Dasar Bermain Gitar Tetapi Setelah Diberikan Pemahanan Dan Diberikan Kesempatan Latihan Secara Berulang-Ulang Pada Pembelajaran Dan Pada Hasil Evaluasi Yang Berupa Tes Praktek Rata-Rata Siswa Dapat Memainkan Dasar Bermain Gitar Meningkat Dengan Presentase Peningkatan Dari Pretest Sampai Posttest Sebesar 93%. Kata Kunci : Metode Drill, Penerapan, Dasar Bermain Gitar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:24
Last Modified: 30 Mar 2023 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27509

Actions (login required)

View Item View Item