“PEMBELAJARAN SENI KRIYA DENGAN MENERAPKAN METODE KASUS (CASE METHOD) PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 27 MAKASSAR”

FEBILDA RAHAYU, KHARISMA (2022) “PEMBELAJARAN SENI KRIYA DENGAN MENERAPKAN METODE KASUS (CASE METHOD) PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 27 MAKASSAR”. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Artikel Kharisma Febilda Rahayu - Kharisma Febilda.pdf

Download (727kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan guru dalam pembelajaran case method, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran case method dan mendeskripsikan evaluasi pembelajaran case method bagi siswa kelas VIII SMPN 27 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan teknik analisis data berupa teknik analisis deskriptif kualitatif. Objek penelitian pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran prakarya SMPN 27 Makassar dengan sampel berupa seluruh siswa kelas VIII.2 SMPN 27 Makassar yang berjumlahkan 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran case method pada siswa kelas VIII SMPN 27 Makassar mendapatkan nilai persentase 70% oleh validator pertama, 64% oleh validator kedua, dan 74% oleh observer. (2) Pelaksanaan pembelajaran case method pada siswa kelas VIII SMPN 27 Makassar sudah berjalan sesuai RPP, diantaranya kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. (3) Evaluasi pembelajaran case method pada siswa kelas VIII SMPN 27 Makassar sudah dikatakan baik karena, 28 siswa memperoleh nilai 84-75 dengan persentase nilai siswa mendapat 93,33 % dan dinyatakan mempunyai penilaian sangat baik. Untuk nilai 74-65 sebanyak 2 orang dengan persentase yaitu 6,66 % sehingga dinyatakan cukup. Kata kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Case Method

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:23
Last Modified: 30 Mar 2023 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27504

Actions (login required)

View Item View Item