PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS X DI SMKN 2 PINRANG

BATARI, ANDI (2021) PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS X DI SMKN 2 PINRANG. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL ANDI BATARI PDF-1 - Andi Batari.pdf

Download (132kB)

Abstract

Pada penelitian ini membahas tentang persepsi siswa kelas X terhadap pembelajaran tari di SMKN 2 Pinrang untuk mengetahui Bagaimana Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Seni Tari di SMKN 2 Pinrang dan Bagaimana Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa Terhadap Pembelajaran Seni Tari di SMKN 2 Pinrang. Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan kurikulum dalam lembaga pendidikan sebagai upaya mempengaruhi peserta dididk untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan pendidikan itu sendiri pada dasarnya mengantarkan para peserta didik pada perubahan-perubahan tingkah laku baik intelektual, moral, maupun sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan dekriptif kuantitatif dan data dari persepsi siswa diperoleh melalui wawancara dan angket terhadap 28 orang siswa. Sedangkan data proses pembelajaran diperoleh melalui observasi, proses pembelajaran atau aktivitas belajar mengajar. yang berlandaskan dengan konsep dan landasan teori persepsi, pembelajaran, belajar, dan pembelajaran seni tari dan juga faktor yang mempengaruhi persepsi. Hasil dari penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Berdasarkan hasil penelitian terkait perepsi siswa kelas X di SMKN 2 Pinrang pada pembelajaran seni tari sudah terlaksana dengan baik dan mengikuti kurikulum yang telah di tetapkan dan hampir semua siswa menatakan sangat senang dengan pembelajaran seni tari dan berdasarkan angker yang dibagikan pada setiap aspek dari masing-masing poin rata-rata memperoleh nilai skala persentase yang dapat dikategorikan pada skala persentase sangat setuju . Adapun yang menjdi faktor penghambat dalam proses pembelajaran seni tari yaitu pada pembelajaran praktek ada sebagian siswa yang mengatakan bahwa tarian hanya dilakukan oleh perempuan sehingga siswa tersebut merasa kurang percaya diri pada pembelajaran praktek, dan juga kurang fasilitas yang disedikan sekolah seingga membuat pembelajaran seni tari khusunya praktek kurang efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:23
Last Modified: 30 Mar 2023 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27495

Actions (login required)

View Item View Item