NURJANAH, NILA (2022) PEMBELAJARAN SENI KRIYA BATIK DI SLB PEMBINA 1 MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.
Text
ARTIKEL SKRIPSI _NILA NURJANAH 1881042019 - A.Lilis Damayanti.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran yang dilaksanakan oleh SLB Pembina 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran mengenai proses pembelajaran seni kriya batik di SLB Pembina 1 Makassar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang ditemukan ditinjau dari hasil wawancara kemudian dihubungkan dengan dokumen proses belajar, melakukan perbandingan dalam proses pelaksanaan pembelajaran dengan melakukan observasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) Guru tidak membuat silabus dan RPP. (2) Pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan beberapa tahapan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran diantaranya kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, guru telah melaksanakan pembelajaran dengan baik sesuai dengan tahapan yang telah dijabarkan. (3) Tahap penilaian yang dilakukan oleh guru tidak sesuai dengan ciri-ciri penilaian otentik (a) mengukur semua aspek pembelajaran, (b) dilaksanakan ketika dan setelah proses pembelajaran berlangsung, (c) menggunakan berbagai macam teknik dan sumber, (d) dalam mengumpulkan data penilaian tidak hanya mengandalkan tes, (e) tugas yang diberikan kepada peserta didik realita dalam kehidupan sehari-hari, dan (f) penilaian bukan kuantitas, tetapi penekanannya lebih pada kualitas pengetahuan ataupun keahlian peserta didik. Guru tidak membuat lembar penilaian. Kata kunci : seni kriya batik, pembelajaran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa |
Divisions: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN |
Depositing User: | Pustaka FSD yayu |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 03:22 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 03:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27494 |
Actions (login required)
View Item |