ANALISIS DESKRIPTIF TARI SALONRENG ARA DI KECAMATAN BONTO BAHARI KABUPATEN BULUKUMBA (SALAH SATU BENTUK PENDOKUMENTASIAN TARI)

FITRAH, NURUL (2023) ANALISIS DESKRIPTIF TARI SALONRENG ARA DI KECAMATAN BONTO BAHARI KABUPATEN BULUKUMBA (SALAH SATU BENTUK PENDOKUMENTASIAN TARI). S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI NURUL FITRAH - Nurul fitrah.pdf

Download (222kB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah; 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan dengan rumusan masalah; “Bagaimana bentuk pencatatan tari Salonreng Ara melalui teks atau tulisan? Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis dan melakukan pencatatan Tari Salonreng Ara di Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba secara tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pendeskripsian melalui pencatatan tari dapat dilakukan dengan mencatat segmen-segmen tubuh dalam setiap gerak dan penyebaran video perekaman gerak.. Setelah dilakukan pendeskripsian gerak, tari Salonreng Ara terdiri dari 14 ragam gerak diantaranya ; Angngalle bunga karena, angngangkang pimbali, appatara, appatumpa, kaleo kiri, ngalle ati-ati, annepo’, akkaleo, sidalleki, sibokoi, angngalepe tambong,annyingkulang tambong, sita’lei, annongko’ dan terdapat beberapa ragam yang gerakannya sama seperti, ragam kaleo kiri pengulangan dari ragam Angngalle bunga karena, angngangkang pimbali, appatara, appatumpa dengan arah yang berbeda, ragam akkaleo pengulangan dari ragam appatara, appatumpa, kaleo kiri tetapi dalam posisi duduk, ragam sidalleki pengulangan ragam Angngalle bunga karena, angngangkang pimbali, appatara, appatumpa dengan menggunakan selendang dan posisi selendang berada didepan badan, ragam sibokoi pengulangan dari ragam Angngalle bunga karena, angngangkang pimbali, dengan posisi selendang berada di belakang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni Tari
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:23
Last Modified: 30 Mar 2023 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27490

Actions (login required)

View Item View Item