STUDI TERHADAP KERAJINAN SONGKOK GURU DI DESA SAWAKONG KABUPATEN TAKALAR

AULIA, MAGFIRA (2022) STUDI TERHADAP KERAJINAN SONGKOK GURU DI DESA SAWAKONG KABUPATEN TAKALAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL_MAGFIRA AULIA_1881042011 - Magfira Aulia.pdf

Download (613kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan Songkok Guru, mendeskripsikan bentuk dan warna Songkok Guru, mendeskripsikan nilai�nilai terhadap Songkok Guru, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembuiatan Songkok Guru di Desa Sawakong Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan data bersifat kualitatif yaitu penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di Desa Sawakong Kabupaten Takalar. Subjek dalam penelitian ini adalah pengrajin Songkok Guru. Objek dalam penelitian ini adalah Songkok Guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) proses pembuatan Songkok Guru terdiri dari beberapa tahap yang pertama: persiapan alat dan bahan, kedua: pembuatan simpul atau lisu, ketiga: anyaman bentuk dasar, keempat: sulaman benang emas, kelima: pembuatan motif, terkahir: fhinisin. 2) bentuk dan warna songkok guru ialah bentuk bundar dan oval, warna ialah hitam, putih kayu dan emas. 3) nilai-nilai Songkok Guru yaitu: Songkok Guru sabagai nilai estetis, nilai ekonomis, dan nilai identitas. 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembuatan Songkok Guru: faktor pendukung tersedianya bahan baku, banyaknya pengrajin dan pengolahan bahan yang praktis. Faktor penghambat: kurang diminati konsumen dan kurangnya dukungan dari pemerintah dan pihak terkait. Kata Kunci: bentuk, warna, Songkok Guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:23
Last Modified: 30 Mar 2023 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27473

Actions (login required)

View Item View Item