Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas X SMK Prima Husada Sengkang Kabupaten Wajo

MUHLIS, MUHLIS (2016) Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas X SMK Prima Husada Sengkang Kabupaten Wajo. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (129kB)

ABSTRAK . 2016. . (dibimbing oleh Abdullah Dola dan Juanda). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil penerapan metode inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi membaca dan menulis siswa, (2) mendeskripsikan pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi membaca dan menulis siswa pada kelas X SMK Prima Husada Sengkang Kabupaten Wajo. Desain penelitian yang digunakan bersifat esperimen dengan menggunakan metode Pre-Experimental Design (one group pretest posttest). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMK Prima Husada Sengkang Kabupaten Wajo yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X Farmasi 15 siswa, dan Kelas X Keperawatan 10 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Sampling Jenuh, artinya teknik penentuan sampel digunakan dari keseluruhan anggota populasi dikarenakan jumlah populasi relatif kecil. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa metode inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi siswa, dilihat dari nilai pretest dan posttest yaitu nilai rata-rata pretest kemampuan literasi membaca siswa adalah 63,36 menjadi 83,64 setelah dilakukan posttest, nilai rata-rata pretest kemampuan literasi menulis adalah 65,60 menjadi 83,72 setelah dilakukan posttest. Uji analisis data dengan menggunakan uji statistik inferensial yaitu test paired sample test menunjukkan perolehan nilai signifikan p = 0,000, karena p<α = 0,05dan nilai t tabel 2,80 adalah data dari penerapan metode inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi membaca dan menulis, maka H1 diterima yang menyatakan nilai rata-rata pretest dan posttest adalah tidak sama/berbeda secara nyata. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi siswa kelas X SMK Prima Husada Sengkang Kabupaten Wajo. Kata Kunci : Pengaruh, Metode Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Literasi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Aug 2017 02:55
Last Modified: 29 Aug 2017 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2747

Actions (login required)

View Item View Item