Evaluasi Program Supervisi Manajerial Pengelolaan Laboratorium/bengkel pada SMK Negeri Kabupaten Soppeng

JUMARDIN, JUMARDIN (2016) Evaluasi Program Supervisi Manajerial Pengelolaan Laboratorium/bengkel pada SMK Negeri Kabupaten Soppeng. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel.docx

Download (51kB)

ABSTRAK , 2016. . (dibimbing oleh M. Sidin Ali dan Kaharuddin Arafah) Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Bagaimanakah gambaran kesiapan pengelola laboratorium/bengkel, sarana dan fasilitas pendukung, serta bahan supervisi manajerial pengawas pada program supervisi manajerial pada pengelolaan laboratotrium/bengkel SMKN Kabupaten Soppeng? (2) Bagaimanakah hasil pemantauan, penilaian, pembimbingan, serta penerapan metode, teknik dan prinsip supervisi manajerial pada proses pelaksanaan supervisi manajerial pengawas sekolah pada pengelolaan laboratorium/bengkel SMKN Kabupaten Soppeng?(3) Bagaimanakah tindak lanjut hasil supervisi, ketertiban administrasi pengelolaan laboratorium/bengkel, dan penyusunan laporan hasil supervisi pada program manajerial pengelolaan laboratorium/bengkel SMKN Kabupaten Soppeng? Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan Stake Countenance Model yaitu suatu model evaluasi yang dikembangkan oleh Robert E. Stake. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.pada 3 SMK Negeri, yaitu SMKN 2 Watansoppeng, SMKN 1 Marioriwawo dan SMKN 1 Liliriaja. Selain pada tiga sekolah tersebut penelitian juga dilaksanakan di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Soppeng. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kesiapan pengelola laboratorium/bengkel berada pada kategori baik, kesiapan sarana dan fasilitas pendukung bagi pengelola laboratorium/bengkel berada pada kategori cukup, sedangkan kesiapan sarana dan fasilitas pendukung bagi pengawas berada pada kategori baik, kesiapan bahan supervisi manajerial pengawas berada pada kategori baik. (2) Hasil pemantauan yang dilakukan pengawas berada pada kategori cukup, hasil penilaian yang dilakukan pengawas berada pada kategori cukup, hasil pembimbingan yang dilakukan pengawas berada pada kategori cukup, penerapan metode, teknik dan prinsip supervisi manajerial oleh pengawas berada pada kategori cukup. (3) Tindak lanjut hasil supervisi yang dilaksanakan pengawas berada pada kategori cukup terlaksana, ketertiban administrasi pengelolaan laboratorium berada pada kategori cukup, penyusunan laporan hasil supervisi manajerial yang dilakukan pengawas berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Aug 2017 02:52
Last Modified: 29 Aug 2017 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2746

Actions (login required)

View Item View Item