A. DEWI ANDRIANI (2023) PENGELOLAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH QUANTUM BRAIN MAKASSAR.
Text
ARTIKEL A. DEWI ANDRIANI (1843042004).pdf Download (383kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan pendidikan inklusi di sekolah Quantum Brain Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaraan pengelolaan pendidikan inklusi di Sekolah Quantum Brain Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi khusus. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Inklusi Quantum Brain Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru terapis dan guru kelas. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengguakan model Miles dan huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan inklusi di Sekolah Quantum Brain Makassar terdiri dari : 1) Pengelolaan kurikulum inklusif dilakukan beberapa tahap yakni, melakukan asesmen, mempersiapkan perangkat pembelajaran serta kurikulum, menentukan model/metode pembelajaran serta menyiapkan media pembelajaran. 2) Manajemen peserta didik dimulai dari penerimaan peserta didik, pembinaan peserta didik kemudian evaluasi peserta didik. 3) Manajemen tenaga pendidik dilakukan dengan cara melakukan screaning, seleksi bagi guru ABK dan training bagi tenaga pendidik baru. 4) Faktor pendukung pengelolaan pendidikan yaitu dukungan orangtua, media pembelajaran, model/metode pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat yaitu gedung sekolah dan ruang kelas yang sempit. Kata kunci: Pengelolaan, Pendidikan, Pendidikan Inklusi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 02:21 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 02:21 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27453 |
Actions (login required)
View Item |