EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI TEORI VAN HIELE DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA SISWA KELAS X MIA9 DI SMA NEGERI 1 SUNGGUMINASA

NURDIN, RESKHI DWI YANTI (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI TEORI VAN HIELE DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA SISWA KELAS X MIA9 DI SMA NEGERI 1 SUNGGUMINASA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (106kB)

Universitas Negeri Makassar Reskydwyyanty.28.rdyn@gmail.com ABSTRAK RESKHI DWI YANTI NURDIN. 2016. Efektivitas Pembelajaran ICARE Terintegrasi Teori Van Hiele dalam Pembelajaran Geometri pada Siswa Kelas X MIA9 di SMA Negeri 1 Sungguminasa. (dibimbing oleh Muhammad Arif Tiro dan Djadir). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran ICARE terintegrasi teori Van Hiele pada pembelajaran geometri di Kelas X MIA9 di SMA Negeri 1 Sungguminasa. Jenis penelitian ini penelitian pre-experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design, dengan menggunakan teknik simple random sampling maka terpilih kelas X MIA9, yang diberi perlakuan model pembelajaran ICARE terintegrasi Teori Van Hiele. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrument tes hasil belajar matematika siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa dan angket respons siswa. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa kelas X MIA9 di SMA Negeri 1 Sungguminasa sebelum penerapan model pembelajaran ICARE terintegrasi Teori Van Hiele berada pada kategori rendah, namun setelah penerapan model pembelajaran ICARE terintegrasi Teori Van Hiele, hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, terlihat pada hasil belajar geometri siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal, serta nilai gain berada pada kategori tinggi; 2) aktivitas siswa kelas X MIA9 di SMA Negeri 1 Sungguminasa pada proses belajar dengan model pembelajaran ICARE terintegrasi Teori Van Hiele berada pada kategori baik; dan 3) respons siswa kelas X MIA9 di SMA Negeri 1 Sungguminasa pada pembelajaran geometri dengan model pembelajaran ICARE terintegrasi Teori Van Hiele berada pada kategori cenderung positif. Berdasarkan kriteria keefektifan, model pembelajaran ICARE terintegrasi Teori Van Hiele, efektif dalam pembelajaran geometri pada siswa kelas X MIA9 di SMA Negeri 1 Sungguminasa. Kata Kunci: Efektivitas, model pembelajaran ICARE, Teori Van Hiele, pembelajaran geometri.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Aug 2017 02:50
Last Modified: 29 Aug 2017 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2745

Actions (login required)

View Item View Item