PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERIPADA SISWA TUNARUNGU KELAS VDI SLB NEGERI 1 MAKASSAR

KHAIRUNNISA JUSTIKANINGRUM (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERIPADA SISWA TUNARUNGU KELAS VDI SLB NEGERI 1 MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal KHAIRUNNISA JUSTIKANINGRUM.pdf

Download (175kB)

Abstract

: Kajian penelitian ini berfokus kepada kurangnya kemampuan mendeskripsikan siklus hidup hewan pada siswa tunarungu pada mata pelajaran IPA di SLB Negeri 1 Makassar. Beberapa rumusan masalah pada penelitian ini ialah: Bagaimana meningkatkan kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan dengan pemanfaatan media gambar berseri pada siswa tunarungu kelas V di SLB Negeri 1 Makassar? Tujuan penelitian ini ialah agar dapat memahami: 1) Untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada anak tunarungu kelas V di SLB Negeri 1 Makassar saat belum dilakukan intervensi. 2) Mengetahui kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada anak tunarungu kelas V saat dilakukan intervensi. 3) Mengetahui kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada anak tunarungu kelas V sesudah dilakukan intervensi. 4) Mengetahui peningkatan kemampuan mendeskripsikan siklus hidup hewan setelah menggunakan media gambar berseri berdasarkan analisis hasil antara situasi sebelum diberikan intervensi, saat dilaksanakan, dan sesudah dilaksanakan intervensi. SSR atau Single Subject Research dengan desain A-B-A merupakan metodologi eksperimental yang diterapkan pada penelitian ini. Metode pengumpulan data yang diterapkan ialah tes. Subyek penelitian ini ialah siswa tunarungu kelas V SLB Negeri 1 Makassar dengan inisial MIM. Penelitian ini memiliki beberapa kesimpulan yaitu: 1) Kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan siswa tunarungu kelas V SLB Negeri 1 Makassar situasi baseline 1 (A1) berada pada kategori sangat kurang. 2) Kemampuan mendeskripsikan siklus hidup hewan siswa tunarungu kelas V pada situasi intervensi (B) berada pada kategori baik. 3) Kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan siswa tunarungu kelas V pada baseline 2 (A2) berada pada kategori sangat baik. 4) Kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan dengan memanfaatkan media gambar berseri pada siswa tunarungu kelas V didasarkan pada hasil analisis antar situasi yaitu pada situasi baseline 1 (A1) sangat kurang, pada situasi intervensi (B) kategori baik, dan pada situasi baseline 2 (A2) berada pada kategori sangat baik. 2 Kata Kunci: Kemampuan Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan, Media Gambar Berseri, Tunarungu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Mar 2023 02:23
Last Modified: 20 Mar 2023 02:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27443

Actions (login required)

View Item View Item