Keefektifan Lingkungan Sekolah sebagai Sentra Belajar dalam Pengajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa KelasVII SMP Negeri 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru

Eka, sariana (2016) Keefektifan Lingkungan Sekolah sebagai Sentra Belajar dalam Pengajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa KelasVII SMP Negeri 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel.docx

Download (86kB)

ABSTRAK . 2016. Tesis.. (Dibimbing oleh Salamdan Mahmudah). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat trueeksprimental design (eksprimen betul-betul) yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan lingkungan sekolah sebagai sentra belajar dan membuktikan keefektifan lingkungan sekolah sebagai sentra belajar pada pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VIISMPNegeri 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMPNegeri 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru dengan jumlah siswa 36 orang pada tahun ajaran 2016-2017. Data penelitian ini adalah data hasil keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Instrumen yang digunakan adalah format penilaian kegiatan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi. Teknik pengumpulan data adalah tugas menulis teks laporan hasil observasi. Analisis data dilakukan secara analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran menulis teks laporan hasil observasi efektif dengan menggunakan lingkungan sekolah sebagai sentra belajar. Hal tersebut tampak padaberdampak positif pada diri siswa terutama dari cara siswa dalam merespon kegiatan pembelajaran yang dilangsungkan oleh guru. Lingkungan sekolah sebagai sentra belajar dalam pembelajaran mendorong siswa untuk aktif menggunakan intuisi, imajinasi, dan kreativitas. Artinya, media tersebut dapat mengubah gaya belajar siswa dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan media pengajaran lainnya. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa lingkungan sekolah sebagai sentra belajar efektif digunakan dalam menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPNegeri Tanete Riaja Kabupaten Barru. Jadi, disarankan kepada guru untuk menggunakan lingkungan sekolah sebagai sentra dalam pengajaran menulis teks laporan hasil observasi. Selain itu, peserta didik juga harus lebih giat berlatih untuk meningkatkan kemampuan menulis sehingga keterampilan menulis siswa semakin baik. Kata kunci: efektif, lingkungan sekolah sebagai sentra belajar, teks laporan hasil observasi. ABSTRACT EKA SARIANA. 2016. The Effectiveness of School Environment as Learning Center in Teaching Writing Observation Result Report of Grade VII Students at SMPN I Tanete Riaja in Barru District (supervised by Salam and Mahmudah). The study is true experimental design which aims at describing the ability of writing observation result report using school environment as learning center and proving the effectiveness of school environment as the learning center in learning writing observation result report of grade VII students at SMPN I Tanete Riaja in Barru district. The research samples were grade VII students at SMPN I Tanete Riaja in Barru district with the total of 36 students of academic year 2016-2017. The research data was the result of writing observation result report. The instrument used was the assessment format of students' activities in writing observation result report. Data were collected by employing writing task of writing observation result report. Data were analyzed using statistics descriptive analysis and statistics inferential analysis. The result of the study indicates that teaching writing observation result report is effective by using school environment as the learning center. It shows positive impact on students, particularly on the way students give response on learning activities conducted by the teacher. The school environment as the learning center in learning encourage students to be active in using intuition, imagination, and creativity, which means the media can change students' learning styles and learning outcome compare to other learning media utilization. Based on the result of the study, it proves that the school environment as the learning center is effective to be used in writing observation result report of grade VII students at SMPN 1 Tanete Riaja in Barru district. Therefore, suggestion to teachers, they should employ school environment as the center of learning in writing observation result report. Students should also practice more to enhance their ability in writing to get better result. Keywords: effective, school environment as learning center, writing observation result report

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Aug 2017 02:40
Last Modified: 29 Aug 2017 02:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2743

Actions (login required)

View Item View Item