Syahruddin, Syahruddin (2015) BERBAGAI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF BAGI ANAK TUNA GRAHITA RINGAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL: Optimalisasi Hasil-Hasil Penelitian Dalam Menunjong Pembangunan Berkelanjutan. pp. 107-114. ISSN 2460-1322
Text
PROSIDING OPTIMALISASI HASIL-HASIL PENELITIAN DALAM MENUNJANG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Pendidikan jasmani (penjas) adaptif bertujuan untuk memperlakukan siswa tunagrahita sebagai manusia yang dapat lebih mandiri dan berprestasi bidang olahraga. Materi pembelajaran Penjas adaptif dapat diberikan berupa aktivitas jasmani berbasis permainan-permainan. Dengan aktivitas jasmani berbasis permainan, anak tuga grahita dapat melibatkan fungsi optimal dari otak kanannya yang bermuara pada pendalikan emosi dan mampu berekplorasi dalam gerakan- gerakannya. Adapun model-model permainan dari hasil identifikasi yang bisa diaplikasikan bagi anak tunagrahita ringan adalah permainan beat the ball, beat the bucket, voli sarung, collect three, how many beanbags, continuous cricket, continous tennis, bucket and hoop, corner bowls, hit 4 ago. Permainan-permainan ini sederhana karena cukup mudah dilakukan, menggunakan peralatan yang mudah didapat serta sekaligus pembelajaran yang gembira karena dilakukan dengan bermain dan mampu merangsang perkembangan otak kanan bagi anak tuna grahita.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | fik unm makassr |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 03:15 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 13:24 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27429 |
Actions (login required)
View Item |