Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Pertanahan Kota Makassar.

Hardiyanti, Hardiyanti (2014) Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Pertanahan Kota Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Hardianti.docx

Download (11kB)

ABSTRAK Hardiyanti, 2014. Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Pertanahan Kota Makassar. Skirpsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip good governance, kualitas pelayanan publik, dan pengaruh penerapan prinsip-prinsip good governance terhadap kualitas pelayanan publik pada Kantor Pertanahan Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik sampel insidental. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen yang secara kebetulan bertemu langsung di lokasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji korelasi product moment) dengan menggunakan aplikasi SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip good governance pada Kantor Pertanahan Kota Makassar tergolong dalam kategori baik, ditinjau dari prinsip transparansi, responsivitas, efektivitas dan efisiensi, serta akuntabilitas. Tingkat kualitas pelayanan publik pada Kantor Pertanahan Kota Makassar tergolong baik, ditinjau dari segi bukti langsung (tangible), daya tanggap (responsiveness), keandalan (reliability), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Hasil perhitungan korelasi product moment, diperoleh pengaruh penerapan prinsip-prinsip good governance (variabel X) terhadap kualitas pelayanan publik (variabel Y) yaitu sebesar 0,790 bernilai positif, yang berarti tingkat pengaruhnya tergolong dalam kategori kuat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 08:06
Last Modified: 30 Nov 2016 11:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item View Item