PERSEPSI SISWA TERHADAP TARI TRADISIONAL PA’JAGA LILI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SMA NEGERI 7 LUWU

SALEH, SAPRIL (2022) PERSEPSI SISWA TERHADAP TARI TRADISIONAL PA’JAGA LILI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SMA NEGERI 7 LUWU. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL SAPRIL SALEH-1 - SAPRIL SALEH.pdf

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan tentang : Persepsi siswa terhadap keberadaan tari tradisional Pa’Jaga Lili pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMA Negeri 7 Luwu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Survei atau sifat penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data adalah angket yaitu sejumlah pertanyaan/pernyataan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi/data dari sumbernya secara langsung, wawancara yaitu dengan melakukan komunikasi langsung dengan narasumber yang berkaitan dengan judul penelitian. Adapun hasil penelitian berdasarkan teknik pengumpulan data melalui angket kuisioner yang menjawab pada rumusan masalah pada penelitian yaitu,’’Persepsi siswa terhadap keberadaan tari tradisional Pa’Jaga Lili pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMA Negeri 7 Luwu’’ yang berjumlah 30 orang dengan jumlah persentase 100%, menyetujui pernyataan yang terdapat dalam lembaran angket kuisioner nomor 1 sampai nomor 3 tentang tari tradisional Pa’ Jaga Lili. Pada angket kuisioner pernyataan nomor 4 mengenai perhatian yang diberikan sekolah kepada seni tari Pa’Jaga Lili sangat sedikit siswa menyetujui menjawab kategori tidak setuju dengan jumlah persentase 83%. Pernyataan nomor 5 setiap ada event sekolah, tari Pa’Jaga Lili selalu ditunjuk sebagai pengisi acara siswa menjawab setuju dengan jumlah persentase 73%. Pernyataan nomor 6 mengenai banyak teman saya yang bosan mengikuti latihan ekstrakurikuler tari Pa’Jaga Lili sehingga saya juga terpengaruh, siswa menjawab sangat tidak setuju dengan jumlah persentase 60%. Pernyataan nomor 7 saya hanya mengejar nilai tambahan ketika saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari, siswa menyetujui menjawab tidak setuju 60%. Pernyataan nomor 8 mengenai perhatian yang diberikan sekolah kepada seni tari Pa’Jaga Lili sangat sedikit, siswa menyetujui sangat tidak setuju 50%. Nomor 9 mengenai saya pernah membawakan tari Pa’Jaga Lili di acara tertentu, siswa menyetujui setuju 63%. Nomor 10 yang membahas saya sering di ajak teman untuk belajar menari Pa’Jaga Lili di luar jam ekstrakurikuler diberikan, siswa menjawab tidak setuju 60%. Nomor 11 saya sering di ajak orang tua saya untuk mengapresiasi pertunjukan kesenian tradisional yang ada di daerah, siswa menjawab sangat setuju 50%. Nomor 12 mengenai saya hanya tertarik dengan materi seni tari Pa’Jaga Lili yang diberikan oleh guru seni tari disekolah, siswa menjawab setuju dan tidak setuju 47%. Nomor 13 mengenai saya mempelajari seni tari agar saya dapat mengembangkan diri saya dalam bidang kesenian, siswa menjawab sangat setuju 57%. Pernyataan nomor 14 mengenai saya merasa sudah banyak orang melestarikan seni tari sehingga saya tidak perlu mengambil bagian, siswa menjawab sangat tidak setuju 60%. Pernyataan nomor 15 mengenai saya lebih senang bermain dengan teman-teman saya dari pada saya belajar menari, siswa menjawab tidak setuju 60%. Kata Kunci : Persepsi, Pa’Jaga Lili, Luwu, Ekstrakulikuler.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 15 Mar 2023 08:09
Last Modified: 15 Mar 2023 08:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27391

Actions (login required)

View Item View Item