NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA PERTUNJUKAN MONOLOG “OPUTA YI KOO” DI SMA NEGERI 1 BAUBAU

WAHID SALSABILLAH, DEVALIA (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA PERTUNJUKAN MONOLOG “OPUTA YI KOO” DI SMA NEGERI 1 BAUBAU. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Artikel Devalia Wahid Salsabillah - Devalia Wahid Salsabillah.pdf

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian analisis konten yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam pertunjukan monolog “Oputa Yi Koo” karya Chendy Ariswan Latief serta mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan yang telah diketahui pada perangkat bentuk pertunjukan monolog tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yakni siswa SMA Negeri 1 Baubau, sutradara, aktor/aktris, dan pelaku yang terlibat dalam proses latihan hingga pementasan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Bentuk Pertunjukan Monolog “Oputa Yi Koo” di SMA Negeri 1 Baubau ditemukan melalui bentuk teks dramatic dan teks pertunjukan, yakni naskah lakon, tema, tokoh (karakter), dialog, keterangan (nebenteks), alur, latar, amanat synopsis, dan struktur dramatic dengan menggunakan teori dari Aristoteles dan Gustaf Freytag yang meliputi tahap awal, tahap pertengahan, dan tahap akhir. (2) Nilai Pendidikan pada Pertunjukan Monolog “Oputa Yi Koo” di SMA Negeri 1 Baubau ditemukannya nilai-nilai pendidikan yang dapat ditanamkan bagi siswa SMA Negeri 1 Baubau, diantaranya nilai pendidikan religius, nilai pendidikan sosial budaya, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan estetika, dan nilai pendidikan literasi. Kata Kunci : Nilai-nilai pendidikan, pertunjukan monolog “Oputa Yi Koo”, deskriptif kualitatif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 15 Mar 2023 08:08
Last Modified: 15 Mar 2023 08:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27389

Actions (login required)

View Item View Item