SIKAP BELAJAR TARI TRADISIONAL PADA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 WONOMULYO

PRACILLIA UTAMI AHMAD, MEYKE (2022) SIKAP BELAJAR TARI TRADISIONAL PADA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 WONOMULYO. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL MEYKE PRACILLIA - Wedya PL (1).pdf

Download (438kB)

Abstract

Sikap Belajar Tari Tradisional Pada Pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik. Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Dr. Sumiani, M.Hum dan Dr. A. Padalia, M.Pd). Penelitian ini membahas tentang 1) sikap belajar tari tradisional aspek kognitif 2) sikap belajar tari tradisional aspek afektif. Populasi adalah dari jumlah keseluruhan siswa 300 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 33% yaitu 99 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket quisioner, di analisis secara kuantitatif. Hasil penelitian : 1). Sikap Belajar Siswa pada Aspek Kognitif dinilai cukup baik dilihat dari rata-rata presentasi siswa yang tinggi dalam penilaian akhir angket. Adapun hasil presentase disetiap pernyataan angket sebagai berikut: pernyataan pertama yaitu sebanyak 65 siswa (65,7%) memilih Setuju. Pada pernyataan kedua yaitu sebanyak 49 siswa (49,5%) memilih Setuju. Pada pernyataan ketiga sebanyak 83 siswa (83,8%) memilih Setuju. Pada pernyataan keempat 77 siswa (77,8%) memilih Setuju. Pada pernyataan kelima sebanyak 67 siswa (67,7%) memilih Setuju. Pada pernyataan keenam sebanyak 68 siswa (68,7%) memilih Setuju. Pada pernyataan ketujuh sebanyak 66 siswa (66,7%) memilih Setuju. Pada pernyataan kedelapan sebanyak 74 siswa (74,7%) memilih Setuju. 2) Sikap Belajar Siswa pada Aspek Afektif dinilai cukup baik dilihat dari rata-rata skor yang diraih siswa yaitu 3 hingga 4 dengan kategori baik hingga sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil angket aspek afektif menunjukkan hasil angket pada pernyataan pertama memperoleh skor 3. Pada pernyataan kedua memperoleh skor 3. Pada pernyataan ketiga memperoleh skor 3. Pada pernyataan keempat memperoleh skor 4. Pada pernyataan kelima memperoleh skor 4. Pada pernyataan keenam memperoleh skor 4. Pada pernyataan ketujuh memperoleh skor 3. Kemudian pada pernyataan kedelapan memperoleh skor 3. Maka dihasilkan rata-rata proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran seni budaya khususnya tari tradisional pada aspek afektif menunjukkan kategori cukup baik. Kata Kunci : Sikap Siswa, Belajar, Seni Budaya, Tari Tradisiona

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 15 Mar 2023 08:06
Last Modified: 15 Mar 2023 08:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27383

Actions (login required)

View Item View Item