UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (MUSIK) MELALUI VISUAL DENGAN APLIKASI CANVA PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 40 BUTON

SUCI KHADIJAH NAAFIU, SRI (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (MUSIK) MELALUI VISUAL DENGAN APLIKASI CANVA PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 40 BUTON. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Jurnal Sri Suci Khadijah Naafiu - sri suci khadijah naafiu.pdf

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Permasalahan pada skripsi ini yaitu tentang siswa yang belum pernah melihat dan mendengar bagaimana itu alat musik tradisional sehingga hasil pembelajaran seni budaya (musik) kurang maka peneliti ingin menerapkan aplikasi Canva dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran seni budaya (musik) melalui visual dan menerapkan materi melalui aplikasi Canva dengan materi alat musik tradisional pada kelas VIII di SMP Negeri 40 Buton. Dengan menggunakan siklus Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Buton. Peneliti menerapkan aplikasi Canva dalam menyusun materi tentang alat musik tradisional dimana materi tersebut membahas tentang pengertian alat musik tradisional, fungsi alat musik tradisional, macam�macam alat musik tradisional dan daerahnya dan alat musik tradisional berdasarkan sumber bunyinya. dan materi tersebut di paparkan serta diajarkan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Buton dengan menggunakan bantuan visual. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan visual dengan aplikasi Canva hasil belajar tiap siklusnya mengalami perubahan yang signifikan. Secara berturut�turut hasil belajar Seni Budaya materi alat musik tradisional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Buton, diperoleh bahwa rata-rata pada siklus I adalah 56% termasuk dalam kategori kurang dengan jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 3 siswa, dan hasil belajar belajar pada siklus II 83,5% termasuk dalam kategori baik dengan jumlah siswa yang tuntas 15 orang. Maka hasil dari penelitian yang diteliti tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya (musik) melalui visual dengan aplikasi Canva pada kelas VIII SMP Negeri 40 Buton telah berhasil mencapai kriteria keberhasilan dan telah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh peneliti. Kata kunci: Hasil Belajar, Seni Musik, visual dengan aplikasi Canva.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 15 Mar 2023 08:07
Last Modified: 15 Mar 2023 08:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27345

Actions (login required)

View Item View Item