MENINGKATKAN KETERAMPILAN TARI PADUPPA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS X DI UPT SMAN 5 BARRU

PURNAMASARI, DEVY (2022) MENINGKATKAN KETERAMPILAN TARI PADUPPA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS X DI UPT SMAN 5 BARRU. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL DEVY PURNAMASARI 1882342023 - Dicky Hermansyah.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: 1 mendeskripsikan proses pelaksanaan tari Paduppa dalam kegiatan ekstrakurikuler menggunakan metode drill pada siswa kelas X di UPT SMAN 5, 2. mendeskripsikan hasil pelaksanaan tari Paduppa dalam kegiatan ekstrakurikuler menggunakan metode drill pada siswa kelas X di UPT SMAN 5 Barru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode analisis data. Penelitian ini menerapkan metode drill yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu: 1) perencanaan, 2) implementasi tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan tes praktek tari. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran seni tari dan hasil penerapan tindakan yang dilakukan. Hasil penelitian ini sebagai berikut, a) Proses pelaksanaan tari Paduppa dalam kegiatan ekstrakurikuler menggunakan metode drill pada siswa kelas X di UPT SMAN 5 Barru. b) Hasil pelaksanaan tari Paduppa dalam kegiatan ekstrakurikuler menggunakan metode drill pada siswa kelas X di UPT SMAN 5 Barru. Peneliti juga mengadakan wawancara dengan guru dan beberapa peserta didik, dengan temuan bahwa kegiatan ektrakurikuler melalui latihan tari Padupaa dapat meningkatkan keterampilan peserta didik. Kata kunci: Peningkatan, keterampilan, menari, Metode drill.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:16
Last Modified: 08 Mar 2023 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27333

Actions (login required)

View Item View Item