PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (ANIMASI TAYO) TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TERPADU DWP LPMP SULAWESI SELATAN

JUSNIDAR (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (ANIMASI TAYO) TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TERPADU DWP LPMP SULAWESI SELATAN.

[img] Text
Artikel Jsnidar.pdf

Download (323kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual (animasi Tayo) terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu DWP LPMP Sulawesi Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa PAUD Terpadu DWP LPMP Sulawesi Selatan yang berjumlah 25 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan target sampling(purposive sampling). Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 12 anak yang terbagi menjadi 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara anak yang diberi perlakuan media audio visual (animasi Tayo) lebih baik pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual (animasi Tayo) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di DWP LPMP PAUD Terpadu Sulawesi Selatan. Kata kunci : Media Audio Visual (Animasi Tayo), Kemampuan Berbicara

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:36
Last Modified: 08 Mar 2023 01:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27323

Actions (login required)

View Item View Item