STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMP NEGERI 1 ANGGERAJA DI KABUPATEN ENREKANG

WARDHANA H (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMP NEGERI 1 ANGGERAJA DI KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
Artikel 1843040003Wardhana H.pdf

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP Negeri 1 Anggeraja di Kabupaten Enrekang. Tujuan penelitian ini Untuk Mengetahui Gambaran Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP Negeri 1 Anggeraja di Kabupaten Enrekang dan Untuk Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Penerapan Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP Negeri 1 Anggeraja di Kabupaten Enrekang. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu dengan cara memberikan pelatihan dan pembinaan, dimana bentuk pembinaan yang diberikan kunjungan kelas, supervisi, dan rapat dewan guru, 2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dengan memberikan motivasi dan penghargaan/reward kepada guru berupa pengarahan, pengendalian, apresiasi, piagam, dan sertifikat, 3) faktor pendukung dan penghambat dallam penerapan strategi kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru SMP Negeri 1 Anggeraja di Kabupaten Enrekang yaitu: faktor pendukung a) Adanya kegiatan In House Trainning (IHT), yang ditujukan melatih para guru untuk meningkatkan kinerja misalnya pelatihan implementasi kurikulum merdeka, b) Adanya tenaga guru penggerak di sekolah yang dapat dijadikan sebagai narasumber kegiatan dan menambah wawasan sesama guru, c) Adanya agenda kepala sekolah untuk melakukan supervisi bagi guru-guru dengan memberdayakan guru senior dan berkompeten di bidangnya. Faktor penghambat a) Masih kurang pemahaman guru dalam mengikuti perkembangan media berbasis teknologi, b) Masih kurangnya fasilitas pendidikan dan kurangnya alat peraga dalam proses pembelajaran, c) Masih ada beberapa guru yang memiliki kreativitas yang perlu ditingkatkan. Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:03
Last Modified: 08 Mar 2023 01:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27320

Actions (login required)

View Item View Item